ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI MORAL CERITA RAKYAT BATU MARSIOMPAAN SAMOSIR

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Ester Simanjuntak Universitas Prima Indonesia
  • Franciskus Sihombing Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.146

Keywords:

Nilai Moral, Cerita Rakyat

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai proses terjadinya cerita rakyat Batu Marsiompaan yang berada di Desa Tamba Kecamatan Sitio-tio, Kabupaten Samosir Sumatera Utara. Cerita rakyat Batu Marsiompaan ini mengisahkan tentang sepasang kakak-beradik yang menjalin hubungan cinta terlarang yang tidak direstui oleh kedua orangtuanya. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui struktural dan nilai moral cerita rakyat Batu Marsiompaan Samosir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Etnografi. Dalam penelitian ini, jenis penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu mengkaji data-data tertulis atau lisan tentang “Analisis struktural dan nilai moral yang terdapat dalam Cerita Rakyat Batu Marsiompaan di Samosir. Sumber data yang diperoleh yaitu data primer yakni dengan melakukan wawancara dengan beberapa narasumber dan data sekunder yakni pencarian dokumen melalui buku, majalah, dan lain sebagainya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini banyak mengandung pesan yang bisa menjadi cerminan diri dalam menjalankan norma masyarakat atau norma adat.

References

Setiawan, A. 2015. Analisis Struktur. Yogyakarta: Erlangga.

Hamzah, A. 2020, Metode Penelitian Etnografi: Suatu Kajian Filosofis Teoritis dan Aplikatif. Jakarta: Litnus.

Printina, BI. 2019. Membumikan Moral dan Citra Benih Bangsa. Deeppublish.

Zuchdi, dkk. 2021. Analisis Konten Etnografi & Grounded Theory, dan Hermeneutika Dalam Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Hermansyah, H. 2015. Wawancara, Observasi dan Focus Groups. Surabaya: Rajawali Pers/ Raja Grafindo Persada.

Creswell, JW. 2018. Reasearch Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Latif, Y. 2020. Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori, Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Annisa, A., Simanjuntak, E., & Sihombing, F. . (2022). ANALISIS STRUKTUR DAN NILAI MORAL CERITA RAKYAT BATU MARSIOMPAAN SAMOSIR. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 42–49. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.146

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>