PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS VII SMP SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.47Keywords:
media gambar berseri, teks prosedurAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian Two Group Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut maka diperoleh kelas VII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII D sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, yaitu posttest. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa untuk menulis teks prosedur. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu melakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor posttest berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan keterampilan menulisteks prosedur siswa kelas VII SMP Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan media gambar berseri dan tanpa menggunakan media gambar berseri. Setelah dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t yang dilakukan dengan manual, maka terlihat dari tabel t pada taraf α = 0,05 dengan dk =82-2=80 nilai thit > ttab (27,61 > 2,00) maka dapat dibuktikan bahwa media gambar berseri memiliki pengaruh yang lebih tinggi dibandingkan dengan metode kovensional terhadap kemampuan menulis
References
Kosasih, E. 2014. Jenis-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Mahasiswa dan Umum. Bandung: Yrama Widya
Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. (Kota Terbit): Kota Pena