PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL

Authors

  • Ermayana Sagala Universita Prima Indonesia
  • Hilman Haidir Universita Prima Indonesia
  • Udut Silaen Universita Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.45

Keywords:

Model Cooperative Script, Menyimak

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap kemampuan menyimak berita kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain two group post-test only design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia yang berjumlah 92 siswa. Penelitian sampel dengan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII-B sebagai kelas kontrol terdiri dari 31 siswa dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen terdiri dari 31 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menyimak berita. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal dengan model Cooperative Script dan tanpa model Cooperative Script. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu  = 8,11,  = 2,00 maka kriteria pengujian hipotesis alternative () diterima. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif model Cooperative Script terhadap kemampuan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edi, Rodi&dkk. 2013. “Pengaruh Penerapan Model Cooperative Script terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Tanjung Raja”.
Fitriani, Minu.2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Ambal Tahun Pelajaran 2016/2017”.
Huda, Miftahul. 2017. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pelajar Pustaka.
Lilasa, Evrin. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script (Skrip Kooperatif) terhadap Kemampuan Menyimak Berita Kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014”.
Mulyadi & Musman. 2017. Jurnalisme Dasar, Panduan Praktis Para Jurnalis. Yogyakarta: Komunika.
Sari, Novita. 2015. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Memahami Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016”.
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Innovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Sudjana. 2017. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugyono. 2013. Metode Penelitian. Bandung : Angkasa.
Sumadiria, Haris. 2017. Jurnalistik Indonesia, Menulis Berita dan Featuru Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Tarigan, Hendri Guntur. 2008. Menyimak. Sebagai suatu keterampilan berbahasa Bandung: Angkasa.
Wahyuni, Tity. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Script terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Bolak Tahun Pembelajaran 2015/2016”.

Downloads

Published

2019-07-22

How to Cite

Sagala, E., Haidir, H., & Silaen, U. (2019). PENGARUH MODEL COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 35–42. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.45

Issue

Section

Articles