PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP KRISTEN HOSANA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Ornika Pandiangan Universitas Prima Indonesia
  • Petrus Purwanto Universitas Prima Indonesia
  • Hilman Haidir Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.77

Keywords:

Model Role Playing, Cerita Fabel, Eksperimen

Abstract

Permasalahan data penelitian ini adalah (1) Kemampuan mengapresiasi cerita fabel masih rendah. (2)Kurangnya minat belajar siswa dalam mengapreasi cerita fabel.(3)Peserta didik masih kesulitan menuangkan ide khususnya mengapresiasi cerita fabel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model role playing terhadap kemampuan mengapresiasi cerita fabel kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian post-test design. Penelitian ini menguji cobakan model pembelajaran kemudian mengetahui perbedaan penggunaannya atau meninjau pengaruhnya melalui hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 2 kelas 60 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan post-test.

 Dari hasil penelitian dan pengelohan data dapat diperoleh kesimpulan yaitu (1) rata-rata nilai kemampuan mengapresiasi cerita fabel kelas VIII SMP Swasta Kristen Hosana Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakna model role playing adalah= 56,1 dan yang menggunakan model role palying adalah= 81,9. (2) rata-rata nilai kemampuan mengapresiasi cerita fabel siswa kelas VII SMP Swasta Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan model role playing terhadap pengaruh kemampuan mengapreasi cerita fabel siswa kelas VII SMP Swastan Kristen Hosana Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Aminuddin.2015. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo offset
Arikunto, Suharsimin. 2017. Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto.1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Surabaya: Appolo Lestari
Istarani.2012.58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada
Kosasih, H.E.2017. Ketatabahasaan dan Kesusastraan Cermat Berbahasa Indonesia. Bandung: Yrama Widya
Munadi, Yudhi.2016. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Nurgiyantoro, Burhan.2015. Teori Pengkajian Fiksi.Yogyakarta:Gadjah Mada University Press
Shoimin, Aris.2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar Ruzz Media
Sumardjono,Jakop dan Saini K.M.1986.Aspresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia
Sudjana.2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiarto, Eko.2015. Mengenal Sastra Lama-Jenis,Defenisi, Ciri,Sejarah, Dan Contoh. Yogyakarta: Andi Offset
Sarpian, Yani Lature.2013. Skripsi Pengaruh Penggunaan Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Mengaspresiasi Cerpen oleh siswa kelas VIII SMP Pencawan Medan Tahun Pelajaran 2012-2013.Unpri Medan
Tampubolon, Naomi.2014. Kemampuan Mengaspresiasi Cerita Dongeng Ulat Hijau dan Beringin Raksasa Karya budi Priyanto oleh siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Pahae Julu Tahun Pembelajaran 2013-2014

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Pandiangan, O., Purwanto, P., & Haidir, H. (2019). PENGARUH MODEL ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI CERITA FABEL SISWA KELAS VII SMP KRISTEN HOSANA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 57–62. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.77