PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Sumitra Sumitra Universita Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Beru Ginting Universita Prima Indonesia
  • Udut Silaen Universitas Prima Indonesia
Keywords: Media Audiovisual, Menulis teks eskposisi, Eksperimen.

Abstract

Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain two group post-test design only. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 66 siswa. Sampel Penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-MM 2 sejumlah 32 siswa dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu X-MM 1 sejumlah 34 siswa. Pengambilan sampel ini dengan random sampling ( acak kelas ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis Teks Eksposisi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menulis teks ekspsosisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan  media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu -ttabel = -1,998 > thitung = -2,21 > ttabel = 1,998, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eskposisi pada siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019.

References

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktek. Jakarta: Rineke Cipta.
Ali & Asori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Keraf, Goris. 2017. Eksposisi. Jakarta: PT Grasindo.
Kosasih. 2017. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya Margahayu Permai.
Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama widya.
Karo-karo, Nalsaria. 2014. “Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas X SMA Global Prima Medan”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ngalimun. 2017. Konsep Dasar Keterampilan Menulis. Yogyakarta:Parama Ilmu
Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Semi. 2017. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sinaga, Rosita Luxerida. 2011. “Pengaruh Teknik Kunjungan Lapangan Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silou Kahean”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata pena.
Published
2019-07-22
How to Cite
Sumitra, S., Ginting, S., & Silaen, U. (2019, July 22). PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 23-27. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.43
Section
Articles