PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI PADA SISWA KELAS X SMK SWASTA SULTAN ISKANDAR MUDA TAHUN PELAJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.43Keywords:
Media Audiovisual, Menulis teks eskposisi, Eksperimen.Abstract
Tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eksposisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Eksperimen dengan desain two group post-test design only. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda yang berjumlah 66 siswa. Sampel Penelitian terdiri dari dua kelas, satu kelas sebagai kelas kontrol yaitu kelas X-MM 2 sejumlah 32 siswa dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen yaitu X-MM 1 sejumlah 34 siswa. Pengambilan sampel ini dengan random sampling ( acak kelas ). Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, yaitu post-test. Proses pengumpulan data dengan cara menugaskan siswa menulis Teks Eksposisi. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor post-test berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data adalah uji-t. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan kemampuan menulis teks ekspsosisi pada siswa kelas X SMK Swasta Sultan Iskandar Muda dengan menggunakan media audiovisual dan tanpa menggunakan media audiovisual. Perbedaan tersebut ditunjukan oleh hasil uji-t yaitu -ttabel = -1,998 > thitung = -2,21 > ttabel = 1,998, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini dibuktikan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan media audiovisual terhadap kemampuan menulis teks eskposisi pada siswa kelas X Multimedia SMK Swasta Sultan Iskandar Muda Tahun Pelajaran 2018/2019.
References
Ali & Asori. 2014. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan.Jakarta:PT.Bumi Aksara
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamdani. 2017. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Keraf, Goris. 2017. Eksposisi. Jakarta: PT Grasindo.
Kosasih. 2017. Jenis-Jenis Teks. Bandung: Yrama Widya Margahayu Permai.
Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: CV. Yrama widya.
Karo-karo, Nalsaria. 2014. “Pengaruh Media Audiovisual Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas X SMA Global Prima Medan”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Ngalimun. 2017. Konsep Dasar Keterampilan Menulis. Yogyakarta:Parama Ilmu
Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil Menulis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Semi. 2017. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Sinaga, Rosita Luxerida. 2011. “Pengaruh Teknik Kunjungan Lapangan Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Silou Kahean”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung:Angkasa.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kata pena.