EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Ebenezer Gultom Universitas Prima Indonesia
  • Sri Dinanta Beru Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia
Keywords: Group Investigation, Menulis, Teks Anekdot

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah pada siswa dalam kemampuan menulis teks anekdot yang masih sangat rendah, beberapa faktor penyebabnya adalah penggungaan model pembelajaran yang kurang tepat. Penelitian dilakukan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran group investigation terhadap kemampuan menulis teks anekdot siswa kelas X SMK Sultan Iskandar Muda Medan tahun pelajaran 2018/2019. Untuk dilasanakan penelitian ini sampel terlebih dahulu diambil dari kelas X-MM1 dan X-MM2 yang berjumlah 62 siswa. Sebagai alat pengumpulan data dalam penelitian ini digunakan tes pilihan berganda sebagai alat pengumpul data. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar menulis teks anekdot dengan menggunakan model pembelajaran group investigation lebih baik dari pada hasil belajar dengan menggunakan model ceramah. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan rumus uji ”t” karena demikian  2,00 <  7,2 >  2,00. Maka, hipotesis nol () ditolak dan hipotesis () diterima. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas yang signifikan atas penggunaan  model group investigation terhadapt kemampuan menulis teks anekdot pada siswa kelas X SMK Sultan Iskandar Muda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019

References

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Gramedia.
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Hamdani. 2017. Startegi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Iscom.
Kosasih. 2017. Jenis-Jenis teks. Bandung: Yrama Widya Margahayu Permai.
Keraf, Goris. 2005. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia.
Medyasari, dkk. 2017. Jurnal. “Efektifitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Kartu Soal Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar Pada Kelas XI SMA Negeri 5 Semarang.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Novirin. 2014. Jurnal. “Efektivitas Penerapan Metode Group Investigation Dalam Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 2 Prabumulih.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Semi. 2017. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Taringan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Trianingsih. 2018. Jurnal. “Efektivitas Penerapan Model Group Investigation Terhadap Kemahiran Menceritakan Kembali Isi Cerita Fabel Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Satap Tanjungpinang.” Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Sugiyono.2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Yumisnaini. 2013. “Efektivitas Metode Group Investigation Terhadap Keterampilan Menulis Artikel pada Kelas XI SMA Negeri 1 Pancurbatu”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Yulitha, Ika. 2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Motivasi Belajar pada siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Tanngamus”. Skripsi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Published
2019-12-31
How to Cite
Gultom, E., Ginting, S., & Pardede, O. (2019, December 31). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK SULTAN ISKANDAR MUDA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 40-44. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.73
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)