PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN OLEH SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA POSTER DI SD NEGERI 060819 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.723Keywords:
Membaca Permulaan, Media Poster, Siswa Kelas II, Pembelajaran MembacaAbstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa melalui penggunaan media poster. Masalah yang ditemukan di kelas adalah masih banyak siswa yang belum mampu membaca huruf, suku kata, dan kata-kata sederhana dengan lancar. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II di SD Negeri 060819 Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media poster dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Pada siklus I, hasil belajar siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebesar 60% dengan nilai rata-rata 67. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 82. Selain itu, siswa terlihat lebih antusias dan aktif saat pembelajaran berlangsung. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa sig < α yang artinya terima Ha bahwa peningkatan kemampuan membaca pemula terjadi secara signifikan setelah menggunakan poster efektif.
References
Ahmad, M. & Lestari, Y. (2019). Efektivitas Media Poster dalam Pembelajaran Membaca Permulaan di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 7(1), 45–55.
Arsyad, A. (2015). Media pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arikunto, S. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Burns, P. C., Roe, B. D., & Smith, S. H. (2005). Teaching reading in today’s elementary schools (9th ed.). Boston: Houghton Mifflin.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods and Approaches (M. O’Heffernan (ed.); Fifth Edit). SAGE Publications.
Hartati, N. (2021). Strategi Peningkatan Literasi Dini Melalui Media Visual di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1), 33–41.
Hasanah, A., & Lena, M. S. (2021). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan dan Kesulitan yang Dihadapi Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3296–3307. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.526
Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 418-423.
Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 45-49.
Sihombing, L. O. L., Simanulang, R., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas VIII Smp Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347-353.
Silitonga, G. R., Ningsih, W., & Ariga, H. P. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Gambar Di Kelas XI SMA Swasta Free Methodist Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 450-455.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Syahfitri, R., Annisa, A., & Setiawan, D. S. A. (2019). Peningkatan Model Group Investigation Pada Pembelajaran Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X Tkj Smk Swasta Budi Setia Sunggal Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 43-47.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Septriana Magdalena Sarumaha, Oktaviandi Bertua Pardede , Ruben Fransteven Sitorus, Donni Perimsa Sembiring, Jainal B Togatorop

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.