EKSPLORASI GAYA BELAJAR LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR

Authors

  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia
  • Nova Inriani Universitas Prima Indonesia
  • Destry Dearni Caniago Universitas Prima Indonesia
  • Gabe Marlina Siagian Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.192

Keywords:

Eksplorasi, Literasi, Program Merdeka Belajar

Abstract

     Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kedua pendekatan ini ditempuh karena adanya rumusan masalah yang menekankan pada hasil belajar siswa dan gambaran kualitas pembelajaran dalam program merdeka belajar.  Pengumpulan data akan menggunakan data-data yang bersumber dari metode interview, observasi, kuestioner. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang beragam antara literasi, numerasi, administrasi dan adaptasi teknologi yang menjadi kriteria utama kegiatan mahasiswa di sekolah.  Hasil tidak semua mencakup semua program kampus mengajar yang dilaksanakan di SMP Pangeran Antasari. Namun pencapaian ini setidaknya memberikan gambaran tentang adan perkembangan gaya belajar literasi siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti dan guru untuk mengetahui gambaran gaya belajar literasi siswa. Indikator observasi menunjukkan penerapan literasi oleh siswa mencapai 82,69% dan diikuti dengan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran sebesar 82,69%. Hasil ini cukup relevan dengan pencapaian literasi Bahasa Indonesia dalam program kampus mengajar bahwa gaya belajar literasi siswa selama penelitian turut dipengaruhi kegiatan literasi MBKM. Selama penelitian berlangsung, banyak diantara siswa mengalami perubahan perlakuan belajar. Hasil wawancara menunjukkan bahwa adanya peningkatan standar belajar dan inovasi dalam rancangan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru bersama peneliti.

References

Agustiani, S., Agustiani, N., & Nurcahyono, N. A. (2021). Analisis Berpikir Literasi Matematika Berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. EQUALS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 67–78. https://doi.org/10.46918/equals.v4i2.966

Aldiyah, e. (2021). Perubahan gaya belajar di masa pandemi covid-19. Cendekia: Jurnal Ilmu Pengetahuan. https://doi.org/10.51878/cendekia.v1i1.24

Aziz, N. R. F., Pamujo, & Yuwono, H. P. (2020). Analisis gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik siswa berprestasi di SD negeri Ajibarang Wetan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia.

Bahar, H., & Herli, Sundi, V. (2020). Merdeka Belajar Untuk Kembalikan Pendidikan Pada Khittahnya. PROSIDING SAMASTA Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 189-198.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, Mixed Methods and Approaches (M. O’Heffernan (ed.); Fifth Edit). SAGE Publications.

Edimuslim, E., Edriati, S., & Mardiyah, A. (2019). Analisis Kemampuan Literasi Matematika ditinjau dari Gaya Belajar Siswa SMA. Suska Journal of Mathematics Education. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.8055

Hardiknas. 2021. Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar. Merdeka Belajar.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan Dan Pengembangan Literasi Di Sd Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29-34.

Hernawati, D., & Hardin, A. R. (2019). Perbandingan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik (Comparison of Learning Styles with Studentsꞌ Science Process Skills). Jurnal Metaedukasi, 1(2), 60–65. https://doi.org/https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v1i2.1209

Ika Suci Cahyani. (2017). Pentingnya Mengenali Gaya Belajar Siswa Dalam Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan.

Indriyani, V., Zaim, M., Atmazaki, A., & Ramadhan, S. (2019). Literasi Baca Tulis Dan Inovasi Kurikulum Bahasa. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 108. https://doi.org/10.22219/kembara.vol5.no1.108-118.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2006). Methods in educational research : from theory to practice (First). John Wiley & Sons, Inc.

Nia, H. S. LA (2018). Gerakan Literasi Sekolah: Implementasi Tahap Pembiasaan dan Pengembangan Literasi Di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka, 1 (2), 30-31.

Papilaya, J. O., & Huliselan, N. (2016). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa. Jurnal Psikologi Undip, 15 (1), 56. https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63

Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–138. https://doi.org/10.21831/tp.v1i2.2524

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Saud, U. (2010). Inovasi Pendidikan. Alfabeta.

Sherly, Edy dharma, & Humiras Betty Sihombing. (2020). Merdeka Belajar: Kajian Literatur. Urban Green Conference Proceeding Library, 1, 183–190.

Siroj, M. B. (2017). Pengembangan Model Pusat Kajian Literasi Guna Meningkatan Budaya Membaca Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. In The 1st International Conference on Language, Literature and Teaching. Universitas Muhammadiyah Surakarta: Proceeding ICoLLiT (International Conference on Language, Literature and Teaching). http://hdl.handle.net/11617/8944.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). In Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). CV Alfabeta.

Wiedarti, P. (2018). Pentingnya Memahami Gaya Belajar. In Kisyani (Ed.), Seri Manual GLS: Pentingnya Memahami Gaya Belajar (Pertama). Jakarta : Kemendikbud.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Pardede, O. B., Inriani, N. ., Caniago, D. D. ., & Siagian, G. M. . (2022). EKSPLORASI GAYA BELAJAR LITERASI SISWA DALAM MENDUKUNG PROGRAM MERDEKA BELAJAR. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 319–327. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.192