MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM PARAGRAF

Authors

  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Mawar Sari Simbolon Universitas Prima Indonesia
  • Oktaviandi Bertua Pardede Universitas Prima Indonesia
  • Sartika Sari Universitas Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.150

Keywords:

Peningkatan, Cooperative Integrated Reading and Composition, Paragraf

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa SMP dalam menemukan gagasan utama masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran menemukan gagasan utama paragraf dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sampel yang diteliti 29 siswa SMP kelas VII A. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan tes, siklus I, siklus II, dan observasi. Dari hasil penelitian yang menggunakan tes, siklus I, dan siklus II pada pelajaran menemukan gagasan utama pada paragraf memperoleh peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa yang signifikan. Ketuntasan hasil belajar pada tes awal (pre test) adalah 24,14%, pada siklus I menjadi 65,51%. Selanjutnya diketahui bahwa siklus II tuntas dengan hasil 86,21%. Berdasarkan data tersebut dapat diartikan bahwa penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran menemukan gagasan utama pada paragraf kelas VII SMP Satu Atap Negeri 4 Pangururan

References

Budiani, Nyoman Alit. (2019). Penerapan Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKn. [Online]. Tersedia: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/article/view/19475/.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 189-198.

Lisnawati, Santi. (2020). Model dan Tahapan Penelitian Tindakan Kelas. [Online]. Tersedia: https://santilisnawati.wordpress.com/2020/06/05/model-dan-tahapan-penelitian-tindakan-kelas/.

Septika, H. D., & Ilyas, M. (2019). Peningkatan Pembelajaran Tematik Menulis Pantun Berbantuan Pendekatan Scientific Pada Siswa Kelas V SDN 002 Samarinda Tahun Ajar 2016/2017. Kompetensi, 12 (2), 122-128.

Sereliciouz. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (PTK). [Online]. Tersedia: https://www.quipper.com/id/blog/info-guru/penelitian-tindakan-kelas-ptk/.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Tyasara, Laudiya. (2021). Gagasan Utama adalah Bentuk Pikiran Utama, Begini Cara Menemukannya. [Online]. Tersedia: https://hot.liputan6.com/read/4513138/gagasan-utama-adalah-bentuk-pikiran-utama-begini-cara-menemukannya/.

Downloads

Published

2022-06-20

How to Cite

Annisa, A., Simbolon, M. S., Pardede, O. B. ., Sari, S. ., & Setiawan, D. S. A. (2022). MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN MENEMUKAN GAGASAN UTAMA DALAM PARAGRAF. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 71–78. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.150

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>