PENERAPAN LITERASI BACA MELALUI TEKS FABEL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS VII FULL DAY SMP PANCA BUDI MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.560Keywords:
Literasi Baca, Teks Fabel, Keterampilan MembacaAbstract
Peningkatan keterampilan membaca dalam penerapan literasi baca melalui teks fabel merupakan tujuan penelitian ini. Teks fabel yang berupa cerita pendek sebagai bahan penerapan literasi baca akan digunakan untuk mengetahui kemampuan membaca siswa. Dengan melalui teks fabel, siswa akan memiliki minat dalam membaca sehingga kemampuan membaca siswa akan meningkat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian campuran, yaitu metode kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 16 siswa yang merupakan satu kelas di kelas VII Full Day. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam keterampilan membaca siswa setelah penerapan literasi baca melalui teks fabel. Rata-rata nilai pretest siswa adalah 75,6, sedangkan rata-rata nilai posttest siswa meningkat menjadi 83,7. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan literasi baca melalui teks fabel merupakan strategi yang efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa.
References
Ardianto, Elvinaro. (2011). Metodologi Penelitian Untuk Public Relations Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, Dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.
Islami, R. P., & Riadi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII Smp Negeri 275 Jakarta. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 271-281.
Ningsih, W., Rohani, M., Sesillia, E., & Ariga, H. P. S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Case Based Learning (CBL) Pada Kelas XI SMK Imanuel Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 396-403.
Nurgiantoro, Burhan. (2013). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.
Siahaan, D. G., Nisa, K., & Panjaitan, J. H. (2024). Meningkatkan Apresiasi Dan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Puisi Melalui Musikalisasi Puisi Di Kelas XI Sma Negeri 2 Kisaran. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 38-45.
Sihombing, L. O. L., Simanulang, R., Siburian, P., & Ariga, H. P. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Dengan Menggunakan Model Snowball Throwing Pada Kelas VIII Smp Swasta Cenderamata Medan. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 347-353.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Tarigan, Henry Guntur. (1979). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.
Tarigan, H. G. (2008). Menumbuhkan Minat Baca Pada Anak. Bandung: Angkasa.
Zaidan, A. R. Dkk. (2007). Kamus Istilah Sastra. Jakarta: Balai Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ezra Maharani Bregin Hutagaol, Oktaviandi Bertua Pardede, Wenny Simbolon, Juliana Naftali Sitompul
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.