TRANSFORMASI MITE “MISTERI GANG KERAMAT” MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

  • Nisa Prima Universita Prima Indonesia
  • Ceni Rahim
  • Ronald Wibowo Sitompul Ginting
  • Sri Dinanta Beru Ginting
Keywords: Transformasi, Mite, Naskah Drama

Abstract

Penelitian ini berjudul “Transformasi Mite “Misteri Gang Keramat” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 05 Medan Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini diangkat untuk mentransformasikan mite “Misteri Gang Keramat” menjadi naskah drama dan dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia pada siswa SMP kelas VIII SMP Muhammdiyah 05 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk mendeskripsikan secara sistematis, faktual, dan akurat dengan menggunakan kata-kata atau kalimat. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan November 2018 sampai dengan Oktober 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak bebas libat cakap. Data dalam penelitian ini adalah data lisan berupa mite “Misteri Gang Keramat”. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan dari masyarakat Gang Keramat, Mabar, Medan Deli. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif, yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Teknik validitas data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan peyusunan laporan. Hasil penelitian diketahui mite “Misteri Gang Keramat” ini terbentuk karena adanya unsur mistis di daerah tersebut, terdapat sebuah pohon yang dianggap keramat dan sering didatangi oleh masyarakat sekitar untuk meminta sesuatu. Tujuan masyarakat bermacam-macam, ada yang meminta kesembuhan, keberuntungan dan sebagainya. Jika permintaan atau permohonannya terkabul, maka para penduduk sekitar akan meletakkan sesajen di bawah pohon sebagai wujud syukur. Sehingga dahulu para orang tua mengingatkan anaknya untuk tidak keluar malam karena daerah tersebut merupakan keramat, dari situlah mite ini muncul. Mite yang telah disusun kemudian ditransformasikan oleh peneliti menjadi naskah drama untuk dijadikan sebagai bahan ajar Bahasa Indonesia.

References

Kriteva, Julia. 1980. Desire in Language : A Semiotic Approach to Literature and Art. Oxford: Basil Blackwell
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyanto, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmanto, B, 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Ratna, Nyoman Kutha. 2005. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sardjono, Partini. 1992. Pengantar Pengkajian Sastra. Bandung: Pustaka Wina.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Kriteva, Julia. 1980. Desire in Language : A Semiotic Approach to Literature and Art. Oxford: Basil Blackwell
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UIP.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurgiyanto, Burhan. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Rahmanto, B, 1998. Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Ratna, Nyoman Kutha. 2005. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sardjono, Partini. 1992. Pengantar Pengkajian Sastra. Bandung: Pustaka Wina.
Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknis Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2019-07-22
How to Cite
Prima, N., Rahim, C., Ginting, R., & Ginting, S. (2019, July 22). TRANSFORMASI MITE “MISTERI GANG KERAMAT” MENJADI NASKAH DRAMA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 05 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 1-16. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.41
Section
Articles