PENINGKATAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

  • Rahmadini Syahfitri Universita Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universita Prima Indonesia
  • Dani Sukma Agus Setiawan Universita Prima Indonesia
Keywords: Model Group Investigation, Menulis, Teks Laporan Hasil Observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Sunggal melalui model group investigation. Penggunaan model group investigation diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu menulis teks laporan hasil observasi agar keterampilan menulis meningkat. Melalui model group investigation , peningkatan dapat dilihat secara proses maupun produk. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Budi Setia Sunggal. Subjek penelitian adalah kelas X TKJ yang berjumlah 28 siswa. Hal ini dilihat dari peningkata skor rata-rata setelah diberi siklus I dengan rata-rata 74,11 dan pada akhirnya siklus II skor rata-rata menjadi 82,01. Peningkatan skor rata-rata siswa mulai siklus I hingga siklus II adalah 7,9. Secara keseluruhan pada akhir siklus II semua berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model group investigation berhasil dan mampu meningkatkan keterampilan menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X TKJ SMK Swasta Budi Setia Setia.

References

Arikunto. S. 2017. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto.S. dkk. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalman. H. 2015. Keterampilan Menulis.Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Hidayah. N. 2013:Panduan Praktis Penyusunan dan Pelaporan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Jakarta: Prestasi Pustaka Karya.
Istarani. 2017. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Kosasih. E. 2013. Jenis-Jenis Teks.Bandung: Yrama Widya.
Kosasih. E. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.
Kosasih. E. 2013. Cerdas Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X Kelompok Wajib.Jakarta: Erlangga.
Kurniasih. I. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Kata Pena.
Shoimin.A. 2017.68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Sambilegi: Ar-Ruzz Media.
Sulistyowati.Trisni.Dkk. 2014.Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku untuk SMA dan MA Kelompok Mata Pelajaran Wajib.Surakarta: Platinum
Tarigan. G. H. 2013. Menulis Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.
Wijaya Candra H. dan Syahrum 2017.Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:Cita Pustaka Media Perintis.
Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia untuk SMK/MA Kelas X.Kudus: Erlangga.
Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung : Alfabeta
Published
2019-07-22
How to Cite
Syahfitri, R., Annisa, A., & Setiawan, D. (2019, July 22). PENINGKATAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI SISWA KELAS X TKJ SMK SWASTA BUDI SETIA SUNGGAL TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 43-47. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.46
Section
Articles