ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “THALITA” KARYA STEPHANIE ZEN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP

Authors

  • Tri Pertiwi Universitas Gunung Leuser Aceh

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.255

Keywords:

Nilai Moral, Novel, Bahan Ajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk nilai moral novel Thalita karya Syephanie Zen. Jenis penelitian ini adalah analisis isi. Sumber penelitian ini yaitu dari novel Thalita karya Stephanie Zen. Penelitian ini berupa kutipan para tokoh utama yang bernama Darren yang sudah lama tidak mau mengenal wanita lagi dikarenakan wanita yang Darren cintai selama ini pemakai narkotika. Hasil penelitian dalam novel Thalita menunjukkan nilai moral yang berbentuk nilai ingin saling membantu. Alur yang digunakan yaitu alur campuran, latar yang paling dominan di sekolah, karena kebanyakan masalah yang terjadi ketika berada di lingkungan sekolah. Tujuan dilakukan penelitian adalah untuk menganalisis nilai moral yang terdapat pada novel Thalita karya Sthepanie Zen. Nilai moral yang terkandung ialah 1) Bentuk Pertanggungjawaban, 2) Nilai Kebaikan, 3) Keberanian, 4) Kejujuran, 5) Kemandirian, dan 6) Kerukunan. Implementasi dalam novel Thalita karya Sthepanie Zen dijadikan sebagai bahan ajar karena mengandung motivasi agar remaja tidak melakukan hal yang seperti diceritakan oleh novel tersebut.

References

Alawiyah, A., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2019). Pesan Moral Dan Gaya Bahasa Dalam Graffiti Di Kalimantan Timur. Kompetensi, 12 (2), 129-136.

Atar, Semi M. (1993). Metode Penelitian Sastra. Bandung: Penerbit Angkasa.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Edisi Keempat. Jakarta: Balai Pustaka.

Driyakarya. 2022. Pengertian Nilai Moral. http://dosensosiologi.com/pengertian-nilai-moral-dan-contohnya/. Diakses pada 10 Mei 2023.

Hayati, K. F., Lubis, R. S., Ramawati, D., Lubis, N. H., & Mahsa, M. (2022). Analisis Makna Dan Nilai Moral Dalam Lirik Lagu" Titip Rindu Buat Ayah" Karya Ebiet G. Ade Dan" Bunda" Karya Melly Goeslaw Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 477-481.

Ginting, P. T. B., Ley, R. D., Siburian, P., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Parafrasa Legenda “Guru Penawar Reme” Menjadi Naskah Drama Sebagai Bahan Ajar Di SMA. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 279-287.

Nurgiyantoro, 2009: 321. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. (Edisi ketiga cetakan kedua. 2009. Edisi pertama cetakan pertama 1988). Yogyakarta: BPFE.

Purba, J. B., Rajagukguk, P. E., Tamba, N., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Pemetik Bintang Karya Venerdi Handoyo. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 269-278.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Tumangger, N., Harefa, F. P., Sitorus, E. Y., Ningsih, W., & Ariga, H. P. S. (2022). Eksplorasi Legenda “Air Terjun Simbilulu” Kabupaten Pakpak Bharat Sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 184-190.

Wahyuning, Wiwit, dkk. (2003) Mengkomunikasikan moral kepada anak. Jakarta: Penerbit PT. Elex Media Komputindo.

Zen, Stephanie. 2017. Sinopsis Novel Thalita. https://www.goodreads.com/id/book/show/6945696-thalita. Diakses pada 08 April 2023.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Pertiwi, T. (2023). ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “THALITA” KARYA STEPHANIE ZEN DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMP. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 178–185. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.255

Issue

Section

Articles