ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN 029 MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

Authors

  • Afdal Afdal Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Nor Aina Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Rizky Arum Puspaningtyas Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Keywords:

Kesulitan Membaca, Siswa Kelas Rendah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan membaca pada siswa kelas rendah di SDN 029 Muara Kaman Kabupaten Kutai Kartanegara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 029 Muara Kaman, Desa Bunga Jadi, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja faktor-faktor kesulitan membaca siswa pada kelas 1A di SDN 029 Muara Kaman Tahun Pembelajaran 2021/2022. Subjek pada penelitian ini adalah guru kelas 1A, orang tua siswa, dan siswa kelas 1A. Metode pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data.  Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa pada siswa kelas 1A terdapat 5 orang siswa yang mengalami kesulitan membaca yang disebabkan karena (1) lambat memahami suatu kalimat akan tetapi mampu mengeja, (2) kurangnya fokus pada diri siswa dan keinginan belajar apabila mempunyai teman, (3) belum mengenal dan sulit mengingat huruf. Untuk itu diperlukan kerja sama yang padu antara guru dan orang tua, dan siswa kelas 1A. Dengan demikian terjalin proses belajar mengajar yang lebih baik.

References

Afrizal. (2016). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Agustin, Mubiar. (2014). Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Amalia, Intan. (2015). Kesulitan Membaca Kata Pada Anak Disleksia Usia 7-12 Tahun di Sekolah Inklusif Galuh Handayani. Surabaya

Anggito, Albi, and Johan Setiawan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: Jejak.

Anggianita, Sonia, Yusnira Yusnira, and Muhammad Syahrul Rizal. (2020). “Persepsi Guru Terhadap Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri 013 Kumantan.” Journal of Education Research 1(2):177–82.

Jahrir, Andi Sahtiani. (2020). Membaca.Jakarta: Qiara Media.

Abdullah. (2014) Kesulitan Membaca. Bandung: Jejak.

Mamik. (2015). Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishare.

Nurhadi. (2010). Teknik Membaca. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Rahim, Farida. (2018). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahim, Farida. (2015). Pengajaran Membaca Sekolah Dasar. Padang: BUMI AKSARA.

Rizkiana. (2014). “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Bangunrejo 2 Kricak Tegalrejo Yogyakarta”. Available at: respisitory. Fkip.unja.ac.id

Sugiarto, Eko. (2015). Menyusun Poposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta: Suaka Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Afdal, A., Aina, N. ., & Puspaningtyas, R. A. . (2021). ANALISIS KESULITAN MEMBACA PADA SISWA KELAS RENDAH DI SDN 029 MUARA KAMAN KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 169–176. Retrieved from https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/132