PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 017 SAMARINDA UTARA TAHUN 2022

Authors

  • Afdal Afdal Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Tri Cahyo Nugroho Universitas Handayani Makassar
  • Ratna Deli SMPN Manarai No 18 Kepulauan Selayar
  • Andi Muhdar Universitas Lamappapoleonro

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.275

Keywords:

Hasil Belajar, Metode CIRC

Abstract

Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas III SDN 017 Samarinda Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition pada siswa kelas III SDN 017 Samarinda Utara. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk siswa, lembar wawancara guru, lembar wawancara siswa, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa metode pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, hal tersebut dapat dilihat pada siklus I berada pada kategori ketuntasan 49% dan belum tuntas 51% karena proses pembelajaran belum dilaksanakan secara maksimal. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan kategori ketuntasan 85% dan yang belum tuntas 15%, dan pada siklus III hasil belajar siswa mencapai ketuntasan 100% dengan kategori sangat baik dan telah mencapai nilai ketuntasan minimal (KKM).

References

Adkon, dan Riduwan. 2012. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Asrori, M. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Wacana Prima.

Aqib, Z dan Murtadlo, A. 2016. Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Inovatif. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Aqib, Z. 2006. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Huda, M. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cahyani, I. Pembelajaran Bahasa Indonesia, 2009. (Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Islam DEPAG RI)

Karli, H dan Margareth, S. 2002. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi Model-Model Pembelajaran. Bandung: Bina Media Informasi.

Kartika, D. 2011. Keefektifan Penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika pada PembelajaranMatematika SMP. Skripsi. Tersedia di http://lib.unnes. ac.id/7516/1/10358.pdf

Kunandar. 2013. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada

Kusuma, W dan Dwitagama, D. 2006. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Rahyubi, H. 2012. Optimalisasi Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini di TK dan Keluarga At-Taqwa, Rawamangun Jakarta Selatan. Jakarta : Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Rusmania. N, 2015. Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilanga Asli Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas II SDN Kalipucang Bantul. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. 2005. Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Tindakan Komprehenshif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, H. dan Nurdin, M. 2012. Belajar dengan Pendekatan Paikem. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Afdal, A., Nugroho, T. C., Deli, R. ., & Muhdar, A. . (2023). PENERAPAN METODE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS III SDN 017 SAMARINDA UTARA TAHUN 2022. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 259–270. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.275

Issue

Section

Articles