RITUAL MANGALAP TONDI PADA ETNIK BATAK TOBA KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA

Authors

  • Desima Natalia Silaban Universitas Sumatra Utara
  • Herlina Herlina Universitas Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.151

Keywords:

Semiotika, Ritual, Etnik Batak Toba

Abstract

Penelitian ini berjudul Ritual Mangalap Tondi Pada Etnik Batak Toba Kajian Semiotika Budaya. Mangalap tondi adalah suatu bentuk upacara penjemputan roh dari seseorang yang telah pergi tidak pernah pulang-pulang ke rumahnya/ke badannya dan tidak tahu keberadaannya sama sekali. Semiotika budaya adalah suatu kajian semiotika yang mengkaji tentang fenomena budaya sebagai suatu tanda yang memiliki makna. Adapun tujuan dari karya ilmiah ini adalah untuk mendeskripsikan proses-proses yang dilakukan dalam ritual mangalap tondi, mendeskripsikan simbol-simbol yang digunakan dalam ritual mangalap tondi, mendeskripsikan fungsi dari setiap simbol yang digunakan dalam ritual mangalap tondi dan makna dari setiap  simbol yang terdapat dalam ritual mangalap tondi. Teori yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah teori simbol Charles Sanders Pierce, teori fungsional kebudayaan Bronislaw Malinowski dan teori makna Jalaluddin. Dalam karya ilmiah ini metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Hasil yang diperoleh dalam karya ilmiah ini yaitu terdapat sembilan proses tahapan mangalap tondi, tujuh simbol yang digunakan dalam ritual mangalap tondi, sembilan fungsi simbol yang digunakan dalam ritual mangalam tondi, dan dua puluh tiga makna yang terdapat dalam simbol yang digunakan dalam ritual mangalap tondi. 

References

Alo Liliweri. 2002. Makna Budaya dalam Komunikasi antar Budaya.Yogyakarta: PT. LKiS Pelangi Aksara.

Dewi, Salamiah Sari. 2018 “Kecerdasan Emosional dalam Tradisi Upa-Upa Tondi pada Etnis Mandailing”. Medan: Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Ihromi. 2006. Pokok-pokok Antropologi Budaya. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Nasution, Rofina. 2016 “Makna Simbolik Tradisi Upah- Upah Tondi Batak Mandailing Di Kota Pekanbaru”. Riau : Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau.

Pardede, Dani. 2015 “Studi Deskriptif Manghirap Tondi Di Desa Lintong Nihuta Kecamatan Tampahan Dalam Masyarakat Batak Toba Oleh Ibu Rotua Pardede: Kajian Terhadap Tekstual Dan Musikal”. Medan : Etnomusikologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sumatera Utara.

Rakhmat Jalaluddin.1994. Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Karya, Bandung.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Shils, Edward. 1981. Tradition. Chicago: The University Of Chicago Press

Silalahi, Marina, et al. 2013. Pengetahuan Lokal Dan Keanekaragaman Tumbuhan Obat Pada Kelompok Sub Etnis Batak Karo Di Sumatera Utara.

Simanullang, Roster. 2020. Ritus Tondi Dan Kematian Menurut Batak Toba Serta Upaya Pembatinan Iman Kristen (Suatu Pendekatan Teologi Pastoral). Voice of HAMI: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen.

Sitanggang, Renova dkk. 2020 “Tradisi Mameakhon Sipanganon dalam Etnis Batak Toba di Desa Rianiate Kecamatan Pangururan Kabupaten Samosir”. Medan: Pendidikan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Silaban, D. N., & Herlina, H. (2022). RITUAL MANGALAP TONDI PADA ETNIK BATAK TOBA KAJIAN SEMIOTIKA BUDAYA. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 101–118. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.151

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)