TINDAK TUTUR DI LINGKUNGAN KELUARGA MASYARAKAT DESA NUSANTARA KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH

Authors

  • Selvia S. Frangkemon Universitas Banda Naira
  • Mujiati La Saadi Universitas Banda Naira
  • Eca Wongsopatty Universitas Banda Naira

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.189

Keywords:

Tindak Tutur, Lingkungan Keluarga, Pragmatik

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dari bulan April sampai dengan bulan Mei Tahun 2021 yang berlokasi di desa Nusantara Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah. Jumlah data keseluruhan dalam hasil penelitian ini adalah 7 data tuturan, yang dimana memiliki 36 kutipan terdiri lokusi 22 kutipan, ilokusi 8 kutipan dan perlokusi 6 kutipan. Penelitian ini bertujuan untuk “mendeskripsikan tindak tutur di lingkungan keluarga masyarakat Desa Nusantara Kecamatan Banda Kabupaten Maluku Tengah”. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu keluarga masyarakat Desa Nusantara RT 03. Data dalam penelitian ini yaitu tuturan yang mengandung lokusi, ilokusi dan perlokusi yang terjadi dalam interaksi sehari-hari, sumber data yaitu keluarga masyarakat Desa Nusantara RT03. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak libat cakap, teknik rekam, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan adalah teknik alir yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifiksi.  Hasil penelitian dapat menunjukan bahwa tindak tutur yang terjadi yaitu tindak tutur lokusi di lingkungan keluarga masyarakat desa nusantara kebanyakan menggunakan tindak tutur lokusi pertanyaan. Tindak tutur ilokusi di lingkungan keluarga masyarakat desa nusantara kebanyakan menggunakan tindak tutur ilokusi bentuk kalimat perintah. kemudian tindak tutur perlokusi di lingkungan keluarga masyarakat desa nusantara kebanyakan menggunakan kalimat membujuk yang menimbulkan efek tindakan atau perbuatan dari lawan tutur. Saran yang dapat diberikan yaitu bagi Mahasiswa Program studi Pendidikan Bahasa Indonesia dapat menambah pengetahuan dalam bidang kebahasaan dan bidang pragmatik.

References

Ali, Muhammad dan Muhammad Asrori. 2010. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.

Arifiany, N. Ratna, M. P., dan Trahutami, S. I., 2016. Pemaknaan Tindak Tutur Direktif dalam Komik Yowamushi Pedal Chapter 87-93. Jurnal Japanese Literatur. Vol. 2, No.1, 1-11.

Aslinda dan Leni Syafyahna. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Chaer, Abdul dan Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Felicia. 2010. Peranan dan Fungsi Bahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

George, Yule. 2006. Pragmatik Edisi Terjemahan oleh Indah Fajar Wahyuni dan Rombe Mustajab. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, Mattew B. dan A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohindi. UI: Press.

Nisah, N., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2020). Pemertahanan Bahasa Daerah Suku Bajau Samma di Kelurahan Jenebora Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara. Jurnal Basataka (JBT), 3 (1), 51-65.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3 (3), 295-304.

Rohmadi, Muhammad. 2010. Pragmatik Teori dan Analisis. Surakarta: Yuma Pustaka.

Rani, Abdul, dkk. 2000. Analisis Wacana Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakaian. Malang: Bayu Media Publishing.

Salam. 2005. Pragmatik Bahan Ajar. Makasar: Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS UNM.

Telaumbanua, S., Kusbianto, T. M., & Barus, S. B. (2020). Tindak Tutur Behabitif Dalam Film Batak “Rongkaphu Di Tano Nias” Karya Ponti Gea. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 135-142.

Yuniarti. 2010. Komptensi Tindak Tutur Direktif Anak Usia Prasekolah (Kajian pada Kelompok Bermain Anak Cerdas P2PNFI Regional II Semarang) Tesis Diakses 25 Juli 2012.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Frangkemon, S. S. ., Saadi, M. L. ., & Wongsopatty, E. . (2022). TINDAK TUTUR DI LINGKUNGAN KELUARGA MASYARAKAT DESA NUSANTARA KECAMATAN BANDA KABUPATEN MALUKU TENGAH. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 360–367. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.189