ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MA SAIRUN PULAU AY

Authors

  • Misna Arif Universitas Banda Naira
  • Eca Wongsopatty Universitas Banda Naira
  • Muhammad Miftah Sabban Universitas Banda Naira

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.428

Keywords:

Analisis, Gaya Belajar, Pelajaran Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1).Mendeskripsikan gaya belajar siswa pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia(2).Mendeskripsikan apasajakah faktor yang
mempengaruhi gaya belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia(3).Mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam gaya belajar
siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data menurut Miles and Huberman
yaitu reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa, pertama gaya belajar siswa di sekolah MA Sairun Pulau Ay
kecamatan Banda kabupaten Maluku Tengah mempunyai tiga tipe gaya belajar
yaitu Visual, Audiotori dan Kinestik, dan gaya belajar yang paling mendominan
digunakan adalah gaya belajar Audiotori. Kedua faktor yang mempengaruhi gaya
belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu, faktor internal dan faktor
eksternal. Faktor internal adalah merupakan faktor dari dalam diri siswa seperti,
jasmani, pisikologi dan motivasi. dan faktor eksternal adalah faktor yang berkaitan
dengan keluarga, sekolah dan masyarakat. Dari kedua faktor ini yang lebih dominan
adalah faktor eksternal hal ini dikarenakan bahwa siswa lebih terpengaruh dengan
lingkungan luar seperti dari keluarga yaitu siswa kurang adanya motivasi
belajar.Selain itu, dari faktor sekolah yaitu guru tidak terlalu menggunakan media
dalam mengajar dan faktor dari masyarakat berkaitan dengan lingkungan luar yaitu
kurang adanya dukungan dari masyarakat terhadap moivasi belajar siswa. Ketiga
upaya yang dapat di lakukan oleh guru yaitu guru melakukan pendekatan kepada
siswa, menggunakan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Guru berusaha
mengkondisikan situasi pembelajaran dengan baik untuk meningkatkan gaya
belajar siswa. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
membantu Analisis Gaya Belajar siswa di Sekolah MA Sairun Pulau Ay dan dapat
diterapkan dalam mengatasi permasalahan pendidikan secara umum.

References

Ambarsari, R. Y. (2022). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ips kelas iv di sd negeri 1 bulukerto wonogiri. Jurnal Mitra Swara Ganesha, 9(1), 12-21.

Azis, S., Ulfa, A. Y., Akbar, F., & Mutiah, H. (2022). A Analisis Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) pada Pembelajaran Biologi Siswa SMAN 8 Bulukumba. Jurnal Bioshell, 11(2), 90-99.

Banggo, Y. M. Analisis Gaya Belajar Siswa Dalam Pelajaran Bahasa

Fiantika, F., Wasil, M., Jumiyati, S. R. I., Honesti, L., Wahyuni, S. R. I., Mouw, E., ... & Ambarwati, K. (2022). Metodologi penelitian kualitatif. Metodologi Penelitian Kualitatif. In Rake Sarasin (Issue March). Surabaya: PT. Pustaka Pelajar.

Himmah, F. I., & Nugraheni, N. (2023). Analisis Gaya belajar siswa untuk pembelajaran berdiferensiasi. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 4(1), 31-39.

Hutagalung, T. R., Rajagukguk, S., Siburian, P., & Panggabean, S. (2022). Analisis Penokohan dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Ayah dan Sirkus Pohon Karya Andrea Hirata. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 288-297.

Kurniati, A., Fransiska, F., & Sari, A. W. (2019). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Sekolah Dasar Negeri 14 Manis Rayakecamatan Sepauk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 5(1), 87-103.

Labu, N. (2021). Analisis karakteristik gaya belajar vak (Visual, Auditorial, Kinestetik) siswa kelas X SMAK St. Petrus Ende tahun ajaran 2019/2020. Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Katolik, 1(1), 1-21.

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis nilai-nilai pendidikan karakter tokoh utama guru honorer dalam komik pak guru inyong berbasis webtoon karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40.

Pintubatu, N. R., Tarigan, H., & Setiawan, D. S. A. (2022). Analisis Gaya Bahasa Dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Seperti Sungai Yang Mengalir” Karya Paulo Coelho. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 9-18.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Suaebun, S. (2020). Analisis Gaya Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VI di SD Negeri 2 Pengkelak Mas Tahun Pelajaran 2019/2020. khatulistiwa, 1(1), 54-68.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Arif, M., Wongsopatty, E., & Sabban, M. M. (2024). ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MA SAIRUN PULAU AY. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 150–160. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.428

Issue

Section

Articles