PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.254Keywords:
Model Pembelajaran, Discovery Learning, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 2 Siklus yakni Silus I dan Siklus II. Teknik Pengukuran Indikator pada penelitian ini parameternya adalah Hasil Belajar peserta didk. Sedangkan instrumen yang digunakan merupakan lembar Observasi (data hasil belajar peserta didik). Hasil belajar peserta didik yang didapatkan inilah yang nantinya akan di presentasikan. Berdasarkan hasil penelitian Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan, diperoleh ratarata nilai Hasil Belajar siswa pada pertemuan I sebesar 65,15%, dimana persentase tersebut merupakan termasuk kategori cukup aktif. Sedangkan pada pertemuan II diperoleh persentase nilai Hasil Belajar sebesar 77,07 % dan apabila dimasukan ke dalam kriteria keaktifan siswa, Hasil Belajar siswa ini termasuk kategori cukup aktif. Rata-rata nilai Hasil Belajar siswa pada pertemuan III sebesar 70,09%, termasuk kategori aktif. Sedangkan pada pertemuan IV diperoleh persentase nilai Hasil Belajar sebesar 72,66% dan apabila dimasukan ke dalam kriteria keaktifan siswa, Hasil Belajar siswa ini termasuk kategori baik. Secara menyeleluruh apabila dirata-ratakan setiap siklusnya diperoleh hasil Hasil Belajar belajar siswa mengalami peningkatan dari 71,61% (kategori cukup aktif) pada siklus I meningkat menjadi 71,37 % (kategori aktif) pada siklus II, yang berarti mengalami peningkatan sebesar 9,76%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terjadi peningkatan Hasil Belajar siswa dalam pembelajaran dengan kategori baik.
References
Annisa, A., Simbolon, M. S., Pardede, O. B., Sari, S., & Setiawan, D. S. A. (2022). Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Menemukan Gagasan Utama Dalam Paragraf. Jurnal Basataka (JBT), 5 (1), 71-78.
Arikunto, S. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3 (3), 225-234.
Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6 (1).
Medianty. 2018. Penerapan Model Discovery Learning Dengan Menggunakan Media Video Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa. Alotrop: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia. Vol 2 (1): 58–65.
Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas Vii Smp Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 418-423.
Sitanggang, O. M., Sianturi, M. M., Annisa, A., & Deliani, M. K. (2022). Peningkatan Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama Dengan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VIII Smp Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 200-211.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rhineka Cipta.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Larning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Tu’u, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Wiya Asmanijar, Tepu Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.