MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT RESMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII-H SMP NEGERI 3 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v6i1.270Keywords:
Keterampilan Menulis, Surat Resmi, Project Based LearningAbstract
Penelitian ini berfokus pada keterampilan menulis surat resmi siswa dengan penggunaan model project based learning. Penelitian ini menggunakan desain PTK yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini berisi pratindakan dan tindak lanjut. Dalam setiap siklus terdapat empat fase yaitu (1) merencanakan PTK, (2) melaksanakan PTK, (3) melaksanakan observasi, dan (4) melakukan refleksi. Hasil penelitian ini membahas tentang pengamatan objek secara langsung yang berkaitan dengan kemampuanmenulis siswa kelas VII-H SMPN 3 Medan. Pada tahap pratindakan nilai rata-rata ketuntasan siswa sebesar 13%, kemudian pada tindakan siklus I nilai rata-rata ketuntasan sebesar 53%, artinya mengalami peningkatkan sebesar 40%. Kemudian pada siklus II nilai rata-rata ketuntasan siswa meningkat lebih baik lagi daripada siklus I, yaitu menjadi 94%, Dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 41%. Melihat tingginya angka peningkatan dan respon siswa, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran yang digunakan sangat cocok diterapkan pada kegiatan pembelajaran dengan berbasis proyek.
References
Effendi, Kadarisman. (2012). Ilmu Hukum Pidana Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryono, Timbul. (2014). Administrasi Perkantoran Modern. Medan: Pustaka Setia.
Kadarohman, A. (2017). Pendidikan Jarak Jauh: Konsep dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.
Kunto, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas: Dalam Rangka Memperbaiki Proses dan Hasil Belajar. Jakarta: Prenada Media Group.
Moeljadi. (2009). Korespondensi dan Pengarsipan. Medan: Raja Grafindo Persada.
Poespowardojo, S. (2009). Korespondensi dan Pengarsipan. Medan: Rineka Cipta.
Saragih, K., Damanik, A. L., Siahaan, P. R. A., & Hasibuan, A. (2022). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Melalui Penerapan Strategi Raft (Role-Audience-Format-Topic) Pada Siswa Kelas VII SMP Nasrani 2 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 418-423.
Silitonga, G. R., Ningsih, W., & Ariga, H. P. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Gambar Di Kelas XI SMA Swasta Free Methodist Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 450-455.
Sitanggang, O. M., Sianturi, M. M., Annisa, A., & Deliani, M. K. (2022). Peningkatan Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama Dengan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 200-211.
Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (Nht) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5 (2), 388-393.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.
Susetyo, Heru. (2018). Teori dan Praktek Administrasi Perkantoran. Medan: Pustaka Setia.
Wahyudi, R. (2018). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Proyek: Teori dan Implementasinya. Malang: UB Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Pebriani Simanjuntak, Tepu Sitepu
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.