KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NASKAH DRAMA KUNJUNGAN NYONYA TUA KARYA FRIEDERICH DURRENMATT

Authors

  • M. Lukman Leksono Institut Teknologi Telkom Purwokerto
  • Riyatno Riyatno Institut Teknologi Telkom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.290

Keywords:

Sosiologis Sastra, Naskah Drama, Sosial, Watak Tokoh, Friederich Durrenmatt, Der Besuch der alten Dame

Abstract

Drama selain menjadi sarana hiburan juga bisa dimanfaatkan sebagai sarana belajar dan menjadi objek sebuah penelitian.  Objek kajian dalam penelitian ini adalah sebuah naskah drama karya Friederich Durrenmatt yang berjudul Der Besuch der alten Dame yang diterjemahkan menjadi Kunjungan Nyonya Tua dalam Bahasa Indonesia. Objek dari penelitian ini adalah kondisi sosial dan perubahan sosial yang tercermin melalui perkembangan watak tokoh. Pendekatan yang digunakan dalam dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi sastra karena pendekatan ini mengkaji sastra sebagai fenomena sosial.  Dari penelitian ini dapat dilihat kondisi masyarakat yang miskin yang dapat dilihat dari dialog antar tokoh. Selain itu terjadi perubahan sosial yang terlihat melalui perkembangan watak tokoh-tokoh bawahan.

References

Banjarnahor, R. R., Waruwu, N. P., & Annisa, A. (2022). Analisis Pendekatan Sosiologi Sastra Cerpen “Ada Tuhan” Karya Lianatasya. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 27-33.

Dwi, F., Ginting, R., & Sinulingga, J. (2021). Analisis Legenda Lau Umang Desa Dokan Kecamatan Merek Kabupaten Karo: Kajian Sosiologi Sastra. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 75-84.

Endaswara, S. (2022). Teori Sastra Terbaru Perspektif Transdisipliner. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(2), 122–145.

Fadilah, G.. (2021). Implikasi Teori-Teori Konflik terhadap Realitas Sosial Masa Kini: Tinjauan Pemikiran Para Tokoh Sosiologi. Journal of Society and Development.

Daniati, D., Prasetya, K. H., & Musdolifah, A. (2019). Analisis Sosok Laisa Dengan Kajian Semiotik Ferdinand De Saussure Pada Novel Dia Adalah Kakakku Karya Tere Liye. Kompetensi, 12 (1), 1-11.

Durrenmat, F. (2018). Kunjunngan Nyonya Tua. Pustaka Sinar Harapan

Hawa, M.. (2017). Teori Sastra. Deepublish

Lafamane, F. (2020). Perkembangan Teori Sastra.

Manenggek, G. N.. (2022). Analisis Struktural Dalam Drama Der Besuchh Der Alten Dame karya Friederich Durrenmatt. Jurnal Elektronik Fakultas Sastra Universitas Sam Ratulangi.

Nuryanto, T. (2023). Apresiasi Drama. Rajawali Pers.

Pradopo, R. D.. (2018). Beberapa Teori Sastra Metode Kritik dan Penerapannya. Gajah Mada University Press.

Purba, J. B., Rajagukguk, P. E., Tamba, N., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Novel Pemetik Bintang Karya Venerdi Handoyo. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 269-278.

Raharjo, R. P., & Nugraha A. S. (2022). Pengantar Teori Sastra. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Rismayanti, N. W. (2020). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Puzzle Mimpi Karya Anna Farida. Jurnal Elektronik Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia.

Sanit, A.. (17 Januari 2022). Kajian Aspek Sosial: Telaah Sosiologi Sastra terhadap Novel Orang-Orang Proyek Karya Ahmad Tohari. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi.https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikeldetail/246/kajian-aspek-sosial-telaah-sosiologi-sastra-terhadap-novel-orang-orang-proyek-karya-ahmad-tohari

Siregar, S. S.. (2021). Sistem Kekerabatan dalam novel Hong Lou Meng karya Cao Xueqin: Analisis Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Semarang.

Solihat, I.. (2017). Konflik, Kritik Sosial, dan Pesan Moral dalam Naskah Drama Karya Nano Riantiarno (kajian sosiologi sastra). Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Untirta.

Susantono, N. P. (2020). Produksi Drama Musikal - dari Ide ke Panggung. PT Gramedia Pustaka Utama

Suwardi. Sosiologi Sastra. Jurnal Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Leksono, M. L., & Riyatno, R. (2023). KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA DALAM NASKAH DRAMA KUNJUNGAN NYONYA TUA KARYA FRIEDERICH DURRENMATT. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 344–349. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.290