ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM KARANGAN NARASI SISWA KELAS XI SMA N 1 BANYUMAS
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.658Keywords:
Kesalahan Berbahasa, Karangan Narasi, Pembelajaran Kontekstual, Siswa SMAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA N 1 Banyumas dalam menulis karangan narasi. Kesalahan yang dianalisis mencakup aspek fonologi, morfologi, sintaksis, dan semantik. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan error analysis, didukung kerangka teori interlanguage dan interferensi bahasa. Data diambil dari 30 dokumen karangan siswa yang dianalisis secara sistematis menggunakan pedoman PUEBI dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya 347 kesalahan berbahasa, dengan dominasi kesalahan morfologi (45%), diikuti sintaksis (30%), fonologi (20%), dan semantik (5%). Faktor penyebab utama adalah pengaruh bahasa ibu (Biak/Ambai), minimnya paparan terhadap bahasa Indonesia baku, dan keterbatasan sumber belajar. Temuan ini menunjukkan bahwa kondisi geografis dan sosial-bahasa di Banyumas memiliki kontribusi signifikan terhadap lemahnya kemampuan menulis formal siswa. Penelitian ini merekomendasikan pembelajaran berbasis kesalahan dan strategi pengajaran yang kontekstual. Hasil ini menegaskan pentingnya perancangan pembelajaran berbasis lokalitas linguistik yang peka terhadap kondisi multilingual dan keterbatasan literasi di daerah terpencil.
References
Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., & Moeliono, A. M. (2022). Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia (Edisi Revisi). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.
Corder, S. P. (1981). Error Analysis and Interlanguage. Oxford: Oxford University Press.
Creswell, J. W. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications. ISBN: 9781506386706
Emilia, E. (2017). Pendekatan Genre dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Bandung: Rizqi Press. ISBN: 9786022021349
Gani, S. A., Yusuf, Y. Q., & Hanum, L. (2020). Exploring students’ narrative text writing. Studies in English Language and Education, 7(1), 43–54. https://doi.org/10.24815/siele.v7i1.14947
James, C. (2013). Errors in Language Learning and Use: Exploring Error Analysis. London: Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315842912
Mahfud, M., Mustofa, M., & Suyanto, S. (2022). Interlanguage errors in students’ descriptive writing. Journal of Language Teaching and Research, 13(2), 340–348. https://doi.org/10.17507/jltr.1302.20
Nursyam, A. (2020). Interferensi bahasa daerah dalam karangan siswa di wilayah multilingual. Jurnal Linguistik Terapan, 10(2), 89–104. https://doi.org/10.31227/osf.io/wxhzy
Selinker, L. (1972). Interlanguage. International Review of Applied Linguistics in Language Teaching (IRAL), 10(1–4), 209–231. https://doi.org/10.1515/iral.1972.10.1-4.209
Suardika, I. K. (2021). Analisis kesalahan sintaksis dalam karangan narasi siswa Bali. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1), 55–70. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v9i2.11658
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ISBN: 9786232183456
Tarigan, H. G. (2015). Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yulia, Y. (2023). An error analysis on students’ narrative writing: Morphosyntactic features. Indonesian Journal of Applied Linguistics, 13(1), 75–88. https://doi.org/10.17509/ijal.v13i1.45107.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 M. Lukman Leksono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.