MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR MELALUI PENDEKATAN TARL (TEACHING AT THE RIGHT LEVEL) DENGAN PEMANFAATAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF DI KELAS VII.1 SMP NEGERI 10 TANJUNG PINANG
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.666Keywords:
Teaching at The Right Level, Video Interaktif, Keterampilan Menulis, Teks Prosedur, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Keterampilan menulis teks prosedur masih menjadi tantangan bagi banyak siswa sekolah menengah pertama karena lemahnya pemahaman terhadap struktur dan langkah-langkah penyusunannya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII.1 SMP Negeri 10 Tanjungpinang melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) berbasis media video interaktif. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data terdiri atas tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis siswa, ditunjukkan oleh peningkatan skor rata-rata posttest dibandingkan dengan pretest. Siswa menunjukkan pemahaman yang lebih baik dalam menyusun teks prosedur secara sistematis, menggunakan bahasa yang tepat, serta menyusun langkah-langkah secara logis. Selain itu, respons siswa terhadap media video interaktif juga sangat positif, ditandai dengan meningkatnya partisipasi dan motivasi dalam proses pembelajaran. Temuan ini diperkuat oleh hasil observasi dan wawancara yang mengindikasikan bahwa pendekatan TaRL membantu siswa dengan tingkat kemampuan berbeda untuk memahami materi secara optimal. Dengan demikian, penerapan pendekatan TaRL berbasis video interaktif layak digunakan sebagai strategi pembelajaran yang inovatif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks prosedur.
References
Adhiyasa, I. M. (2022). Penggunaan Strategi Mind Mapping untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas X MIPA 2 SMA Negeri 5 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development, 3(1). DOI: 10.5281/zenodo.6566683
Ainun H, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, Vol. 5, No. 3, September-Desember 2023, 1070. https://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/972/716.
Alam, H. W. N. (2017). Peningkatan kemampuan memproduksi teks prosedur kompleks dengan menggunakan metode demonstrasi. Diksatrasia, 1(1). https://doi.org/10.25157/diksatrasia.v1i1.176
Amaliyah, N. (2021). Penggunaan YouTube sebagai media pembelajaran teks negosiasi dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMK swasta di Jakarta Timur. Vocational: Jurnal Teknologi Pendidikan dan Vokasional, 1(4). https://doi.org/10.51878/vocational.v1i4.670
Amin, M., Rahman, A. R., & Akhir, M. (2021). Keefektifan Media Video Tutorial terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VI SDN 143 Inpres Leko. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(2), 71-81. ISSN 2776-8872.
Andheska, H. (2016). Membangun kreativitas siswa dalam pembelajaran menulis dengan memanfaatkan media pembelajaran inovatif. Jurnal Bahastra, 36(1), 55–67. Retrieved from https://core.ac.uk
Arman, A., Rosidah, A., & Saikhoni, S. (2025). Aplikasi mentoring berbasis psikologi positif untuk meningkatkan keterampilan menulis mahasiswa pascasarjana. Jurnal Fokus: Kajian Bimbingan & Konseling, 11(1). https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/fokus/article/view/2699
Assofy, P. N. N., Muharlisiani, L. T., & Rahayu, M. (2025). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan TaRL Teaching at The Right Level dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang keterampilan menulis huruf kapital di kelas 2A. Journal of Science and Education Research, 4(1). https://doi.org/10.62759/jser.v4i1.154
Devi, P. C., Hudiyono, Y., & Mulawarman, W. G. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis teks prosedur kompleks dengan model pembelajaran discovery learning menggunakan media audio visual (video) di kelas XI SMA Negeri 1 Samarinda. Diglosia: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.13
Fernanda, A. P., Widia, D., Dewi, M. M., & Andriyana. (2024). Analisis bibliometrik pembelajaran menulis teks prosedur. Anafora: Jurnal Penelitian Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.25134/ajpm.v4i2.188
Husniah, H., Royani, A., & Muafia, E. (2024). Peningkatan hasil belajar siswa melalui pembelajaran interaktif pada materi huruf hijaiyah bersambung dan harakat di kelas II SD Negeri 1 Plalangan Situbondo. Journal of Pedagogical and Teacher Professional Development, 1(1). https://doi.org/10.35719/jptpd.v1i1.29
Indartiningsih, D., Mariana, N., & Subrata, H. (2023). Perspektif glokal dalam implementasi Teaching at the Right Level (TaRL) pada pembelajaran berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka. JEE (Journal of Elementary Education), 6(4). https://doi.org/10.31949/jee.v6i4.7547
Kusumah, A. W., Usada, W., & Permana, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Prosedur dengan Menggunakan Model Discovery Learning. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(6), 1-10. P-ISSN 2614-624X, E-ISSN 2614-6231. Diakses dari https://journal.ikipsiliwangi.ac.id.
Mustafa, S., Ilmi, N., & Suliati, S. (2024). Innovative strategies in math education: The impact of PBL and TaRL on concept mastery and classroom dynamics. Varidika: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 36(1). https://doi.org/10.23917/varidika.v36i1.5150
Rifqi, A. H., Predina, S. S., & Rusdianto, R. (2023). Inovasi pembelajaran: Exploring Arcademics digital games untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa sekolah dasar. Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran, 1.
Setyawati, E., Hidayati, I. S., & Hermawan, T. (2020). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika di MTs Darul Ulum Muhammadiyah Galur. Intersections: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.47200/intersections.v5i2.553
Sunardi, D., Sahputra, E., & Hidayah, A. K. (2021). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru SMA Muhammadiyah 4 Kota Bengkulu. Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknologi dan Terapan (JPMTT), 1(1). https://doi.org/10.54650/jpmtt.v1i1.340
Sutopo, A., Nasiroh, A. D., Safitri, A. M., Prasetya, A. K. P., Irsa Folina, A. H., Wardani, A. P. K., & Nurhayati, E. (2023). Pentingnya keterampilan menulis dalam bahasa Indonesia bagi mahasiswa tingkat 1 DIII Keperawatan. Jurnal Multidisiplin West Science, 02(11), 918–924. https://wnj.westscience-press.com/index.php/jmws
Utomo, F. T. S. (2023). Inovasi media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran era digital di sekolah dasar. Jurnal Pendas, 8(2). https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.10066
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Jurnal PTK, 1(4). https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Wahira, W., Hasan, H., & Abd Hamid. (2024). Pelatihan pelaksanaan pendekatan teaching at the right level pada guru sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Masyarakat & Aplikasi, 2(2). https://doi.org/10.59024/jpma.v2i2.697
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leonita Sampurna, Harry Andheska , Gigih Harpuas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.