CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING BERBASIS MEDIA DIGITAL KAHOOT! UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MEMBACA TEKS CERITA RAKYAT PADA SISWA KELAS 7.2 SMP NEGERI 10 TANJUNGPINANG
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.667Keywords:
Culturally Responsive Teaching, Pemahaman Membaca, Teks Cerita Rakyat, Media Digital Kahoot!, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Pendidikan Bahasa Indonesia memegang peranan penting dalam mengembangkan keterampilan membaca, khususnya melalui teks cerita rakyat yang kaya akan nilai budaya lokal. Namun, siswa Sekolah Menengah Pertama sering mengalami kesulitan memahami teks cerita rakyat karena bahasa klasik dan konteks budaya yang kurang akrab. Penelitian ini mengimplementasikan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbasis media digital Kahoot! untuk meningkatkan pemahaman membaca teks cerita rakyat pada siswa kelas 7.2 SMP Negeri 10 Tanjungpinang. Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diterapkan dalam dua siklus dengan instrumen tes pemahaman membaca, observasi, dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan rata-rata nilai dari 69,25 pada prasiklus menjadi 85,15 pada siklus II, dengan persentase siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) meningkat dari 40,74% menjadi 100%. Pengintegrasian budaya lokal dalam pembelajaran melalui CRT dan penggunaan Kahoot! sebagai media interaktif terbukti efektif meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa. Strategi ini tidak hanya memperkuat pemahaman teks, tetapi juga menumbuhkan apresiasi budaya dan identitas siswa. Temuan ini menegaskan bahwa pembelajaran yang responsif secara budaya dan adaptif teknologi dapat menjadi solusi inovatif dalam menghadapi tantangan pembelajaran teks cerita rakyat di era digital.
References
Andheska, H. (2018). Kearifan lokal masyarakat Minangkabau dalam ungkapan kepercayaan rakyat. BASINDO: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pembelajarannya, 2(1), 65–72. http://journal2.um.ac.id/index.php/basindo/article/view/2020
Aprilianto, M. A. J., Wijayanti, E., & Chamid, A. A. (2025). Game adventure of Cakra versi cerita rakyat Indonesia sebagai media pembelajaran interaktif. Malcom: Indonesian Journal of Machine Learning and Computer Science, 5(1), 414-422. https://doi.org/10.57152/malcom.v5i1.1537
Asnawi, A. (2020) ‘Kategori dan Fungsi Sosial Teks Cerita Rakyat Masyarakat Banjar Hulu: sebagai Pengukuh Warisan Kebudayaan Lokal Bangsa’, Jurnal Sastra Indonesia, 9(3). doi: https://doi.org/10.15294/jsi.v9i3.41939
Bulan, A. and Hasan, H., 2020. Analisis nilai pendidikan karakter dalam kumpulan dongeng Suku Mbojo. Ainara Journal (Jurnal Penelitian dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 1(1). Available at: https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
Fadilla, A. R., & Wulandari, P. A. (2023). Literature review analisis data kualitatif: Tahap pengumpulan data. Jurnal Penelitian MITITA, 1(3), 34-46.
Ferando, M. F., Bardi, Y., Mayeli, Y. K. F. R., Rada, M. M., Mude, M. R., Penu, P. N., & Bolor, S. D. (2025). Pemanfaatan cerita rakyat sebagai media penguatan literasi bahasa Indonesia. Fonologi: Jurnal Ilmuan Bahasa dan Sastra Inggris, 3(1), 301-316. https://doi.org/10.61132/fonologi.v3i1.1486
Harahap, P. H. K., Faridah, & Harahap, M. K. (2025). Cerita Panji sebagai sarana meningkatkan keterampilan berkisah dan apresiasi budaya lokal. Jurnal PEMA, 5(1). https://doi.org/10.56832/pema.v5i1.703
Lestariningrum, A., & Wijaya, I. P. (2019). Pengembangan model pembelajaran berbasis budaya lokal di TK Negeri Pembina Kota Kediri. Kecubung, 8(2). https://muslimatoun.com/index.php/kecubung/article/view/175
Mambang, S.P.C., Marleny, F.D., Ansari, N.H., Baddrudin, A., Yenitia, A., Dixky, Melda, Azizah, N., Mutmainah, Rizkian, R.M.F. and Salsabila, T. (2022) ‘E-Padi Berbasis Android Untuk Meningkatkan Minat Generasi Muda Pada Sektor Pertanian’, Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 5(1), pp. 93–102.
Muhson, A. (2006). Teknik analisis kuantitatif. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nafsaka, Z., Kambali, K., Sayudin, S. and Astuti, A.W., 2023. Dinamika pendidikan karakter dalam perspektif Ibnu Khaldun: Menjawab tantangan pendidikan Islam modern. Jurnal Impresi Indonesia, 2(9). https://journal.impresipublikasi.com/index.php/JII/article/view/243
Napitupulu, S.R. dan Naibaho, D. (2025) ‘Profesionalisme Guru PAK di Era Digital: Tantangan Etika dan Spiritualitas dalam Transformasi Pendidikan’, Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 4(1). Tersedia di: https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/1749
Rohmawati, D. Y., Suprayitno, & Zuliana, D. (2024). Implementasi pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada mata pelajaran bahasa Indonesia kelas II SD Negeri Sumobito 1 Jombang. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 14342.
Rosmilawati, I., Mutaqin, M. F. T., & Sholih, S. (2023). Penguatan kompetensi tutor PKBM dalam mengembangkan strategi pengajaran berbasis transformative learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Non Formal, 1. https://doi.org/
Rukmana, W., Wakhyudin, H., Nuruliarsih, N., & Azizah, M. (2024). Memperkuat literasi teknologi melalui pembelajaran interaktif dengan menggunakan media Kahoot di kelas V sekolah dasar. Madaniya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.53696/27214834.844
Siregar, T.M., Siahaan, B.M.G., Enjelika, T.N., Simbolon, M.E. dan Siringo-ringo, R.M. (2023) ‘Pengaruh Pemberian Pre-Test dan Post-test pada Mata Pelajaran Matematika dalam Keberhasilan Evaluasi Pembelajaran di SMA Swasta Cahaya Medan’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1). doi: https://doi.org/10.56799/jim.v3i1.2622
Sitanggang, O. M., Sianturi, M. M., Annisa, A., & Deliani, M. K. (2022). Peningkatan Mengubah Cerpen Menjadi Naskah Drama Dengan Metode Resitasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Pencawan Medan. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 200-211.
Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.
Sumarni, M.L., Jewarut, S., Silvester, S., Melati, F.V. and Kusnanto, K. (2024) ‘Integrasi Nilai Budaya Lokal Pada Pembelajaran di Sekolah Dasar’, Journal of Education Research, 5(3). doi: https://doi.org/10.37985/jer.v5i3.1330
Vavrus, M., 2008. Culturally responsive teaching. In: T. Good, ed. 21st century education: A reference handbook. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications
Wang, A. I., & Tahir, R. (2020). The effect of using Kahoot! for learning – A literature review. Computers & Education, 149, 103818. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103818
Winarsih, K., Priyadi, T. and Wartiningsih, A., 2022. Nilai-nilai budaya dalam Antologi Kunang-Kunang cerita rakyat Selakau Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 11(2). Available at: https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/52996
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inka Puspita Ningrum, Harry Andheska , Gigih Harpuas

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.