ANALISIS PENGARUH BULLYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR DAN PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMP SWASTA HOSANA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.690Keywords:
Bullying, Prestasi Belajar, Pendidikan Karakter, Siswa, SekolahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bullying terhadap prestasi belajar dan pendidikan karakter siswa di SMP Swasta Hosana Medan. Bullying yang terjadi di sekolah, baik verbal, fisik, psikis, maupun cyberbullying, merupakan masalah serius yang berdampak pada proses pembelajaran dan pembentukan karakter siswa. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Subjek penelitian melibatkan siswa kelas VII hingga IX serta guru mata pelajaran dan guru bimbingan konseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa korban bullying mengalami penurunan motivasi, gangguan konsentrasi, dan prestasi akademik yang menurun. Dampak juga tampak pada aspek karakter, seperti rendahnya kepercayaan diri, meningkatnya kecemasan, dan sulit bersosialisasi. Dari sisi pelaku, bullying dipicu oleh faktor internal seperti kurangnya empati dan eksternal seperti pola asuh serta pengawasan sekolah yang lemah. Temuan ini menegaskan pentingnya peran sekolah dan keluarga dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman. Penanaman nilai karakter secara berkelanjutan serta program pencegahan bullying yang jelas menjadi langkah penting untuk mendukung perkembangan akademik dan moral siswa.
References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidence) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1421
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What Works in Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Character Education Partnership. https://character.org/product/what-works-in-character-education-a-research-driven-guide-for-educators/
Coloroso, B. (2003). The Bully, the Bullied, and the Bystander. HarperCollins. https://www.harpercollins.com/products/the-bully-the-bullied-and-the-bystander-barbara-coloroso
Damarjati, D. (2023). Teknik Dokumentasi dalam Penelitian. Yogyakarta: Media Sains Nusantara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas. https://www.academia.edu/36223779/Kurikulum_Berbasis_Kompetensi
Elkind, D., & Sweet, F. (n.d.). How to Teach Character Education. GoodCharacter.com. https://www.goodcharacter.com/how-to-articles/
Hasan. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Litbang Puskur. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/metta/article/view/1783
Kemendikbud. (2017). Permendikbud No. 82 Tahun 2015 Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2015_Nomor82.pdf
Kompas.com. (2023). Kasus Bullying Anak di Sekolah Meningkat. https://www.kompas.com/edu/read/2023/09/15/103000371/kasus-bullying-anak-di-sekolah-meningkat
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Bantam Books. https://www.goodreads.com/book/show/179018.Educating_for_Character
Misra, R., Patel, V., & Sharma, R. (2021). Data Analysis in Educational Research. New Delhi: Academic Press India. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S2666920X24000663
Nurasiah. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dalam Pendidikan. Makassar: Media Pendidikan. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/588970-metode-penelitian-kualitatif-dalam-pendi-eed9efd0.pdf
Olweus, D. (1993). Bullying at School: What We Know and What We Can Do. Oxford: Blackwell. https://doi.org/10.1002/pits.10114
Putri, A. D. (2022). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. https://ejournal.upi.edu/index.php/JER/article/view/12345
Rahman, A. (2023). Bullying dan Kesehatan Mental Remaja. Surabaya: Literasi Utama. https://ulilalbabinstitute.id/index.php/J-CEKI/article/download/4521/3724/9576
Rigby, K. (2015). Bullying in Schools and What to Do About It. London: Jessica Kingsley Publishers. https://bullyproofclassroom.com/wp-content/uploads/2015/03/Kenneth-Rigby-Book.pdf
Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology. McGraw-Hill Education. https://www.mheducation.com/highered/product/educational-psychology-santrock/M9780073378787.html
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/46036
Unicef. (2018). Ending Violence in Schools: An Investment in Learners. https://www.unicef.org/reports/ending-violence-in-schools
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Depitaria Barus, Chatrine Chatrine, Berliana Febriyanti Manalu, Elza Leyli Lisnora Saragih

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.