PEMBELAJARAN BAHASA PADA PAUD YAYASAN DESIREE PERMATA NURANI

Authors

  • Megawati Siahaan Universitas Prima Indonesia
  • Ramadhan Saleh Lubis Universitas Prima Indonesia
  • Desli Suriati Manurung Universitas Prima Indonesia
  • Maria Goreti Magdalena Siregar Universitas Prima Indonesia
  • Siwitia Giawa Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.139

Keywords:

Pembelajaran Bahasa, Penerapan

Abstract

Pembelajaran bahasa mulai diterapkan dari usia dini seperti taman kanan-kanak, yang mempunyai peran strategis dan penting pada proses pelaksanaan dasarfpendidikan generasi bangsa, di masa yang akan datang. Dengan adanya pembelajaran bahasa bisa memancing anak untuk berinteraksi dan berkomunikasi. Penelitianfini bertujuan dalam melihat bagaimana perkembanganfbahasa padafanak usiafdini dan mengetahui apa saja strategi, media dan metode yang dipergunakan pada pembelajaran di PAUD. Penelitian ini dilakukan di PAUD Yayasan Desiree Permata Nurani. Teknikcpengumpulan data dipergunakan ialah dokumentasi, wawancara, observasi, yang berupa foto. Peneliti memakai metode deskriptiffkualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bahasa anak sudah dapat dikatakan baik, walaupun bahasa anak belum mencapai kesempurnaan karena dalam penggunaan bahasanya dapat dimengerti melalui kepekaan guru terhadap siswa. Pencapaian pembelajaran berhasil karena adanya sarana dan prasarana yang dilengkapi.

References

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Prastowo Andi. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1019-1027.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yus, A. (2015). Penilaian perkembangan belajar anak taman kanak-kanak. Kencana.

Downloads

Published

2022-06-18

How to Cite

Siahaan, M., Lubis, R. S. ., Manurung, D. S. ., Siregar, M. G. M. ., & Giawa, S. . (2022). PEMBELAJARAN BAHASA PADA PAUD YAYASAN DESIREE PERMATA NURANI. Jurnal Basataka (JBT), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i1.139

Issue

Section

Articles