PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP BHAKTI BANGSA TAHUN AJARAN 2020/2021

Authors

  • Fitria Khairunnisa Universitas Prima Indonesia
  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia

Keywords:

Cooperative Integrated Reading and Composition, Identifikasi, Teks Narasi

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang diberikan suatu treatment dan memiliki tujuan agar mengetahui bagaimana pengaruh dari model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa pada Tahun Ajaran 2020/2021. Siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa merupakan populasi penelitian ini. Penelitian ini memakai teknik random sampling pada sampel untuk mendapatkan data. Kelas VII-A akan dijadikan kelas eksperimen dan kelas VII-B akan dijadikan kelas kontrol dalam penelitian ini. Dari data hasil penelitian kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai hasil rata-rata yaitu kelas kontrol 50,9 dan kelas eksperimen nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 73,3. Berdasarkan dari data hasil penghitungan diperoleh thitung = 10,03 dan ttabel = 2,04. Jadi, kriteria pengujian hipotesis pada penelitian ini yaitu thitung > ttabel. Jadi, pada penelitian ini Hipotesis nilai (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil penghitungan terbuktikan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen, dengan demikian menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada saat proses pembelajaran mengidentifikasi unsur teks narasi siswa kelas VII SMP Bhakti Bangsa Tahun Ajaran 2020/2021 sangat berpengaruh positif dan bisa memberi semangat serta motivasi ketika belajar.

References

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dalman, H. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.

Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inofatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jenisa, Kintan, dan Asri Lubis. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Jurnal Education Buuilding, 2(1).

Rusnayanti, Erniy Harijaty dan La Yani Konisi. 2020. Kemampuan Mengidentifikasi Unsur-unsur Teks Narasi (Cerita Fantasi) Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kendari. Jurnal BASTRA (Bahasa dan Sastra), 5(3).

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Downloads

Published

2021-06-19

How to Cite

Khairunnisa, F., & Astri, N. D. (2021). PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI UNSUR TEKS NARASI SISWA KELAS VII SMP BHAKTI BANGSA TAHUN AJARAN 2020/2021. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 1–6. Retrieved from https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/103

Issue

Section

Articles