ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “KISAH YANG PILU UNTUK KITA YANG RAGU” KARYA BOY CANDRA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH

Authors

  • Mei Sari Br. Silaban Universitas Prima Indonesia
  • Nanda Dwi Astri Universitas Prima Indonesia
  • Verawati Sitorus Universitas Prima Indonesia
  • Arie Azhari Nasution Universitas Sumatra Utara

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.172

Keywords:

Penokohan, Nilai Pendidikan Karakter, Novel

Abstract

Penelitian ini membahas tentang analisis nilai-nilai pendidikan dalam novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu Hubungannya Dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia.  Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu baca dan catat. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara: 1. Membaca novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu karya Boy Candra, 2. Menandai kalmiat atau paragraf yang mengulas tentang nilai moral, sosial, budaya, dan agama, 3. Menganalisis unsur intrinsik dan ekstrinsik dalam novel Kisah Yang Pilu Untuk Kita Ragu, 4. Mendeskripsikan hubungannya dengan pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai moral yaitu kejujuran, pantang menyerah, kesetiaan, dan pengorbanan. Penelitian ini juga menunjukkan nilai sosial yaitu kerjasama dan kepedulian.

References

Arikunto, S. 2002. Pendekatan Usulan Metodologi Penelitian. Jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Candra, Boy. 2021. Kisah Yang Pilu Untuk Kita Yang Ragu. Jakarta: Sigikata.

Faruk. 2017. Metode Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ginting, R. B., Situmorang, A. M., Sitompul, Y., & Telaumbanua, S. (2021). Representasi Nilai Pendidikan Dalam Teks Lagu Bahasa Karo Sebagai Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Di Sma. Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 102-108.

KBBI. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV. (Online) available.

Meleong, L.J. 2010. Metodologi Penelitian Kulitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Mulyana, R. 2004. Artikulasi Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Ningsih, W., Ndururu, A. S., Hasibuan, M. K., & Tumanggor, D. A. (2021). Analisis Nilai-Nilai Budaya Dan Karakter Dalam Novel “Acek Botak” Karya Idris Pasaribu. Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 118-128.

Nugiyantoro, B. 2007. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadhjah Mada Press.

Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. H. (2018). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Tokoh Utama Guru Honorer Dalam Komik Pak Guru Inyong Berbasis Webtoon Karya Anggoro Ihank. Jurnal Basataka (JBT), 1 (2), 35-40.

Pintubatu, N. R., Tarigan, H., & Setiawan, D. S. A. (2022). Analisis Gaya Bahasa dan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel “Seperti Sungai Yang Mengalir” Karya Paulo Coelho. Jurnal Basataka (JBT), 5 (1), 9-18.

Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Metodologi Penelitian, Kajian Budaya Dan Ilmu Sosial Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Semi, M. Atar. 1993. Metode Penelitian Sastra. Bandung: Penerbitan Angkasa.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Suhardi. 2011. Sastra Kita, Kritik, Dan Lokalitas. Depok: Komodo Books

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Silaban, M. S. B., Astri, N. D. ., Sitorus, V. ., & Nasution, A. A. . (2022). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL “KISAH YANG PILU UNTUK KITA YANG RAGU” KARYA BOY CANDRA DAN HUBUNGANNYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 298–306. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.172