DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN DARING PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA PENCAWAN MEDAN

Authors

  • Debby Sulngamta Br Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Tika Yulia Situngkir Universitas Prima Indonesia
  • Perida Roma Asi Siahaan Universitas Prima Indonesia
  • Asnita Hasibuan Universitas Katolik Santo Thomas Medan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.186

Keywords:

Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, Implementasi

Abstract

Pandemi covid-19 adalah virus yang melanda seluruh ke penjuru dunia. Pandemi covid-19 ini sangat berdampak tinggi terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran yang digunakan di pandemi ini adalah sistem pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi semua dampak sistem pembelajaran daring pasca covid di sekolah menengah atas karena adanya pandemi covid-19. Sumber data dari penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder, yang menjadi data primer yaitu: hasil wawancara dengan guru dan murid, hasil observasi dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder yaitu: Struktur organisasi, visi misi sekolah. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif, penelitian ini akan mengumpulkan informasi dengan instrumen penelitian observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ketika melakukan penelitian langsung ke lokasi dengan mewawancarai beberapa guru dan murid adalah bahwa pengimplementasian kegiatan belajar mengajar jauh lebih sederhana pasca covid-19, siswa mulai kembali belajar offline tatap muka. Siswa harus kembali beradaptasi dengan suasana baru di sekelilingnya, yang menjadi kendala bagi guru untuk melakukan kegiatan mengajar adalah guru menjadi sedikit kesusahan mengajar di dalam ruangan, peserta didik kurang memahami pelajaran karena ketinggalan pelajaran selama melakukan pembelajaran dengan sistem daring.

References

Aretha M. Caroline (2022) AMARI-COVID-19. (Online) Tersedia: www.amari.itb.ac.id.

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 189-198.

Dewi, W. A. P., Sadjiarto, A, 2021. Pelaksanaan Pembelajaran daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5 (4).

Hardiansyah, Muhammad Agus, et al. Analisis perubahan sistem pelaksanaan pembelajaran daring ke luring pada masa pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 2021, 5.6: 5840-5852.

Kor, H., Aksoy, H., & Eerbay, H. (2014). Perbandingan Tingkat Kemahiran Materi Kursus (Animasi, Video, Simulasi, E-Books) yang Digunakan Dalam Pendidikan Jarak Jauh. Procedia - Ilmu Sosial dan Perilaku, 141, 854–860. Diambil dari https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.150.

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. (2014). Problems and decision in the field of distance education. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 131, 111-117.

Miles, Matthew B., and A. Michael Huberman. Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. Sage, 1994.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja.

Nur, Zulfikah. Efektivitas Pembelajaran Pasca Pandemi Covid-19. Journal Educandum. Vol 8 No 1 (2021): 8.

Pujilestari, Yulita. Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Adalah 4.1 (2020): 49-56.

Purwanto, Agus, et al. "Studi eksploratif dampak pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar." EduPsyCouns: Journal of Education, Psycho and Counseling 2.1 (2020): 1-12.

Rosdakarya. Siahaan, Matdio. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah JKI. Edisi Khusus N0 1 (2020):6.

Sari, G. A. Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Daring Akibat Covid-19 Terhadap Siswa. Jurnal Ika Pgsd. (2020). Unars 8 (2).

Subakti, H., Handayani, E. S., Salim, N. A., Prasetya, K. H., & Septika, H. D. (2022). Analysis of Students’ Learning Outcomes Attention Deficit Hyperactivity Disorder in Indonesian Learning at Elementary School in Samarinda City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 1933-1938.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of travel medicine.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Ginting, D. S. B., Situngkir, T. Y. ., Siahaan, P. R. A. ., & Hasibuan, A. . (2022). DAMPAK SISTEM PEMBELAJARAN DARING PASCA PANDEMI COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SMA PENCAWAN MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 246–257. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.186