PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MELALUI PENERAPAN STRATEGI RAFT (ROLE-AUDIENCE-FORMAT-TOPIC) PADA SISWA KELAS VII SMP NASRANI 2 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.194Keywords:
Peningkatan, Menulis, Teks Deskripsi, Role-Audience-Format-TopicAbstract
Strategi pembelajaran RAFT (Role, Audience, Format, Topic) merupakan salah satu strategi yang dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks deskripsi. Strategi ini terdiri dari empat langkah: role (peran penulis), audience (pembaca bagi penulis), format (format penulisan), dan topic (topik penulisan). Strategi RAFT membebaskan siswa menentukan gagasan dalam memilih topik. Selain itu, dalam strategi RAFT siswa juga dibentuk dalam kelompok-kelompok sehingga siswa dapat bertukar pikiran atau curah pendapat dengan anggota kelompok yang lain mengenai topik yang akan dibahas. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus. Prasiklus, Siklus I, Siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, tes, observasi, dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis memakai teknik analisis deskriptif kualitatif serta didorong melalui data kuantitatif. Hasil pengkajian ini menggambarkan jika pelaksaan strategi RAFT bisa mengembangkan keahlian menulis teks deskripsi terhadap peserta didik kelas VII A SMP Nasrani 2 Medan baik dari segi proses pembelajaran menulis teks deskripsi. Peningkatan proses bisa diamati terhadap kegiatan peserta didik untuk menyimak pembelajaran, keaktifan, serta kondisi pembelajaran di kelas kondusif. Hal ini diamati terhadap hasil tes menulis teks deskripsi dari tahap prasiklus, siklus I, sampai siklus II terjadi pertumbuhan. Nilai rata-rata kelas juga mengembang 67,7 siklus I 76,1 dan siklus II 83,8. Dapat disimpulkan bahwa strategi RAFT merupakan salah satu strategi menulis yang mampu meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi.
References
Asnafiah, E. (2021). Meningkatkan Motivasi Menulis Teks Deskriptif Bahasa Inggris Menggunakan Media Gambar Pada Kelas VIII SMP Negeri 2 Balikpapan. Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 85-92.
Erdiana, L. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Think-Pair-Share Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Balikpapan. Jurnal Basataka (JBT), 4 (2), 183-188.
Hopkin. (2009). Dasar-Dasar Melakukan Kegiatan Kelas. Jakarta: Depdikbud.
Keraf, Gorys. (1981). Eksposisi dan Deskripsi. Flores: Nusa Indah.
Lestari, L. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Menyusun Paragraf Narasi Menggunakan Media Rangkaian Gambar Seri Pada Siswa Kelas III MI Almuhtadi I Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Jurnal Basataka (JBT), 3(1), 33-38.
Nurgiyantoro, Burhan. (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Ruddel, Martha Rapp. (2005). Teaching Content: Reading and Writing USA.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.
Sibarani, V. F., & Siburian, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Berita Menggunakan Model Snowball Throwing pada Siswa Kelas VIII-B SMP Swasta Imelda Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Basataka (JBT), 2 (2), 45-49.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4 (1), 46-53.
Suwarna, dkk. (2015). Peningatan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Melalui Strategi RAFT (Role, Audience, Format, Topic). FBS.UNY.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6 (6), 10067-10078.