PERAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN

Authors

  • Perida Roma Asi Siahaan Universitas Prima Indonesia
  • Mitha Rani Octavia Br Gultom Universitas Prima Indonesia
  • Sonya Valentina Siagian Universitas Prima Indonesia
  • Nurhikmah Sasna Junaidi Universitas Pasir Pangaraian
  • Depitaria Br Barus Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.721

Keywords:

Cooperative Learning, Studi Kasus, Membaca Pemahaman, Pembelajaran Kolaboratif, Siswa Kelas VIII

Abstract

Urgensi studi kasus ini ialah guna menyelidiki bagaimana Model Pembelajaran Cooperative Learning membantu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mereka.  Kemampuan pemahaman teks tertulis yang rendah merupakan hambatan utama bagi kesuksesan siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia.  Pengamatan di kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta pencatatan hasil belajar merupakan bagian dari proses pengumpulan data dalam studi kualitatif deskriptif ini.  Siswa berpartisipasi dalam percakapan kelompok kecil, bergantian memerankan peran, serta membaca secara bergiliran sebagai kelas guna menerapkan pendekatan Copperative Learning. Berdasarkan temuan, metode ini berhasil meningkatkan minat siswa dalam belajar, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi, serta mendorong interaksi positif antar teman sekelas.  Temuan ujian pemahaman membaca juga meningkat, serta motivasi siswa guna belajar pun bertambah. Dengan demikian, peningkatan pemahaman membaca siswa dalam kelas bahasa Indonesia melalui penerapan model Cooperative Learning telah terbukti berhasil dan bermanfaat.

References

Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 558-564.

Erasmus Taunino, O., & Gregorius, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.

Hasibuan, I., Hamka, J., Tawar, A., & Barat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Keterampilan Membaca Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. In Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) (Vol. 1, Issue 2).

Nurhayati, D., & Hermanto, H. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. DIKLASTRI: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 2(2), 81-87.

Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.

Pebriani, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas VII SMP Semen Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.1276

Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq Miksi Hardianto, M., Zainal, A. R., & Jasma, S. (2021). JOLL 4 (2) (2021) Journal of Lifelong Learning. In Journal Of Lifelong Learning (Vol. 4, Issue 2).

Rahma, D., Lapasere, S., Surahman, S., Pratama, R. A., & Pahriadi, P. (2024). Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Jurnal Basicedu, 8(4), 3290–3296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8495

Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118-126.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Downloads

Published

2025-06-30

How to Cite

Siahaan, P. R. A., Gultom, M. R. O. B., Siagian, S. V., Junaidi, N. S. ., & Barus, D. B. . (2025). PERAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN. Jurnal Basataka (JBT), 8(1), 317–325. https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.721

Issue

Section

Articles