PERAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.721Keywords:
Cooperative Learning, Studi Kasus, Membaca Pemahaman, Pembelajaran Kolaboratif, Siswa Kelas VIIIAbstract
Urgensi studi kasus ini ialah guna menyelidiki bagaimana Model Pembelajaran Cooperative Learning membantu siswa kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan meningkatkan kemampuan pemahaman bacaan mereka. Kemampuan pemahaman teks tertulis yang rendah merupakan hambatan utama bagi kesuksesan siswa dalam mempelajari bahasa Indonesia. Pengamatan di kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta pencatatan hasil belajar merupakan bagian dari proses pengumpulan data dalam studi kualitatif deskriptif ini. Siswa berpartisipasi dalam percakapan kelompok kecil, bergantian memerankan peran, serta membaca secara bergiliran sebagai kelas guna menerapkan pendekatan Copperative Learning. Berdasarkan temuan, metode ini berhasil meningkatkan minat siswa dalam belajar, memperdalam pemahaman mereka terhadap materi, serta mendorong interaksi positif antar teman sekelas. Temuan ujian pemahaman membaca juga meningkat, serta motivasi siswa guna belajar pun bertambah. Dengan demikian, peningkatan pemahaman membaca siswa dalam kelas bahasa Indonesia melalui penerapan model Cooperative Learning telah terbukti berhasil dan bermanfaat.
References
Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 558-564.
Erasmus Taunino, O., & Gregorius, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.
Hasibuan, I., Hamka, J., Tawar, A., & Barat, S. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC (Cooperative Integrated Reading And Composition) Terhadap Keterampilan Membaca Teks Persuasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Pariaman. In Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia (JUBPI) (Vol. 1, Issue 2).
Nurhayati, D., & Hermanto, H. (2022). Pengembangan Modul Digital Materi Teks Fabel Di Kelas VII SMP: Studi Analisis Kebutuhan. DIKLASTRI: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Linguistik, Bahasa Indonesia, dan Sastra Indonesia, 2(2), 81-87.
Nurhidayah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Circ Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman.
Pebriani, Y. (2018). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) Siswa Kelas VII SMP Semen Padang. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.1276
Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq Miksi Hardianto, M., Zainal, A. R., & Jasma, S. (2021). JOLL 4 (2) (2021) Journal of Lifelong Learning. In Journal Of Lifelong Learning (Vol. 4, Issue 2).
Rahma, D., Lapasere, S., Surahman, S., Pratama, R. A., & Pahriadi, P. (2024). Meningkatkan Keterampilan Literasi Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Facilitator And Explaining. Jurnal Basicedu, 8(4), 3290–3296. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i4.8495
Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118-126.
Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward And Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi Di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Perida Roma Asi Siahaan, Mitha Rani Octavia Br Gultom, Sonya Valentina Siagian, Nurhikmah Sasna Junaidi, Depitaria Br Barus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.