PEMANFAATAN APLIKASI WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS X SMAS RK DELI MURNI DISKI

Authors

  • Angelina Mutiara Br Silitonga Universitas Prima Indonesia
  • Sukmawati Br Ginting Universitas Prima Indonesia
  • Perida Roma Asi Siahaan Universitas Prima Indonesia
  • Asnita Hasibuan Universitas Katolik Santo Thomas
  • Depitaria Br Barus Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.325

Keywords:

Peningkatan, Keterampilan Menulis, Aplikasi Wattpad

Abstract

Aplikasi wattpad adalah situs web dan aplikasi tempat kita dapat membaca dan/atau menulis cerita kita sendiri dan membacanya, serta dapat dilihat oleh orang-orang berbeda di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui manfaat Aplikasi Wattpad meningkatkan kesadaran menulis di zaman modern ini serta hambatan-hambatan yang dialami peserta didik seperti penyusuan kata, penentuan judul yang menarik, penentuan konflik yang menarik, penentuan alur, peletakan tanda baca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Fokus permasalahannya adalah pada pemanfaatan aplikasi wattpad untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa X SMAS RK Deli Murni Diski. Data yang diperoleh dari penelitian yaitu melalui hasil observasi tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa Aplikasi Wattpad bermanfaat untuk meningkatakaan keterampilan menulis siswa kelas X. Tidak hanya hal tersebut aplikasi wattpad juga menumbuhkan semangat peserta didik dalam menulis dan terlihat dari data yang diperoleh bahwa cerita yang ditulis sebelum membaca aplikasi wattpad sangat berbeda dengan cerita yang ditulis setelah membaca aplikasi wattpad. Menjadikan Aplikasi Wattpad sebagai media yang berkembang dalam proses pembelajaran sangat efektif dan membantu siswa terhadap hambatan-hambatan yang dialami selama proses menulis. Dari segi data direkomendasikan untuk para guru menggunakan media pembelajaran yang sedang berkembang dan menerapkan metode pembelajaran yang menarik karena metode ataupun penggunaan media dalam pengajaran sangat berpengaruh terhadap keterampilan siswa.

References

Casmudi, C., & Prasetya, K. H. (2021). Kondisi Riel Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri Balikpapan (Tinjauan Implementasi Dan Problematika). Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 189-198.

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Sinambela, S. M., & Taufan, I. S. (2022). Peran Guru dalam Mengembangkan Kompetensi Sosial pada Anak Usia Dini di TK Cempaka Balikpapan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(03), 521-527.

Indriawati, P., Prasetya, K. H., Susilo, G., Sari, I. Y., & Hayuni, S. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka di SMK Negeri 3 Balikpapan. Jurnal Koulutus, 6(1).

Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225-234.

Margono. S. 1997. Metode Penelitian Kualitatif. Universitas Islam Negri Sultan Syarif Kasim Riau, 158.

Moleong, Lexy J. 1991. Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan, dan Humaniora, 7(2), 824-831.

Purwanto. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Repositori Universitas Islam Riau, 63- 64.

Roisa. 2014. Meningkatkan keterampilan menulis. Repository UIN Raden Fatah: Palembang.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sobari & Dewi. (2018). Pembelajaran Menulis Cerita Menggunkan Aplikasi Wattpad. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B. ., Siahaan, P. R. A. ., Hasibuan, A. ., & Barus, D. B. . (2023). PEMANFAATAN APLIKASI WATTPAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS X SMAS RK DELI MURNI DISKI . Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477–484. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.325