PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 MEDAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v8i1.722Keywords:
Media Sosial, Instagram, Keterampilan Menulis, Teks Deskripsi, Pembelajaran Bahasa IndonesiaAbstract
Tujuan riset ini ialah mengkaji penerapan media sosial, khususnya Instagram, dalam mengoptimalkan keterampilan menulis teks deskripsi murid kelas VIII di SMP Negeri 18 Medan. Latar belakang riset ini merujuk kepada kurangnya kecakapan menulis siswa serta dominannya penggunaan media sosial dalam kehidupan mereka sehari-hari. Metode yang diterapkan ialah riset kualitatif melalui pendekatan studi kasus, yang melibatkan observasi, wawancara, tes, juga dokumentasi. Penelitian dilakukan didalam tiga tahap: pra-siklus, siklus 1, serta siklus 2. Studi ini membuktikan adanya lonjakan yang berarti terhadap kemampuan menulis murid setelah memanfaatkan Instagram sebagai media pembelajaran. Rata-rata nilai murid naik dari 71,40 dalam pra-siklus berubah 76,31 dalam siklus 1, serta 82,12 di siklus 2. Dan juga, siswa menunjukkan peningkatan dalam struktur kalimat, penggunaan tanda baca, dan pilihan kata yang sesuai. Instagram bukan sekedar mengembangkan kemampuan menulis, tapi juga motivasi dan kepercayaan diri murid. Penelitian ini menyarankan integrasi media sosial secara bijak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia sebagai strategi pembelajaran kreatif dan sesuai di dunia digital.
References
Arif, E., & Ronaning Roem, E. (n.d.). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur.
Bisri, H. (2024). Cendikia Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Pengaruh Media Sosial Terhadap Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Di Era Digital. 2(7)
Pemberdayaan Bidang Ekonomi di Masjid Baitul Atieq Miksi Hardianto, M., Zainal, A. R., & Jasma, S. (2021). JOLL 4 (2) (2021) Journal of Lifelong Learning. In Journal Of Lifelong Learning (Vol. 4, Issue 2).
Pendidikan, J., & Konseling, D. (n.d.). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Gajah Mada Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 (Vol. 5).
Silitonga, A. M. B., Ginting, S. B., Siahaan, P. R. A., Hasibuan, A., & Barus, D. B. (2023). Pemanfaatan Aplikasi Wattpad Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pada Siswa Kelas X Smas Rk Deli Murni Diski. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 477-484.
Wahyu Nurmalasari. (2024). Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Keterampilan Menulis Teks Karangan Deskripsi. Jurnal Pendidikan DEWANTARA: Media Komunikasi, Kreasi Dan Inovasi Ilmiah Pendidikan, 10(2), 50–61. https://doi.org/10.55933/jpd.v10i2.821
Yulianti, E., Marlina, L., Rayhan, M., Yapis Dompu, S., & Kunci, K. (n.d.). Penggunaan Media Pembelajaran Digital terhadap Peningkatan Kemampuan Literasi Bahasa Indonesia Siswa SMP.
Yusuf Afrizal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, D., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Muhammadiyah Purwokerto, U., Ahmad Dahlan Dukuwaluh Kembaran, J. K., & Abstrak, P. (2020). Prosiding Samasta Seminar Nasional Bahasa Dan Sastra Indonesia Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Perida Roma Asi Siahaan, Setia Dela Rosa Simamora, Novia Anjani , Nurhikmah Sasna Junaidi, Depitaria Br Barus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.