KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN KUTAI BARAT DAN INTERNALISASINYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII DI SMP DARUN NAJAH BALIKPAPAN

Authors

  • Iin Raodah Universitas Balikpapan
  • Maryatin Maryatin Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.190

Keywords:

Kearifan Lokal, Cerita Rakyat, Dayak Benuaq, Pembelajaran

Abstract

Kearifan lokal merupakan bentuk kebijaksanaan yang berisi nilai-nilai kebaikan dan diterapkan dan oleh suatu daerah. Dalam kearifan lokal terkandung nilai-nilai yang dapat diinternalisasikan kepada peserta didik melalui pembelajaran disekolah untuk menunjang karakter mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai kearifan lokal pada buku Kumpulan Cerita Rakyat dan mendeskripsikan proses internalisasinya pada siswa kelas VIII SMP Darun Najah melalui pembelajaran drama. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskripsif dengan pendekatan antropologi sastra. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan tehnik simak catat, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 5 nilai-nilai kearifan lokal pada Kumpulan Cerita Rakyat Kutai Barat yang berisi 19 cerita di dalamnya, diantaranya nilai budaya, nilai moral, nilai gotong royong, nilai perjuangan, dan nilai religius (kepercayaan. Data tersebut berbentuk kutipan narasi dan dialog. (2) nilai-nilai kearifan lokal diinternalisasikan dengan baik sesuai dengan pedoman RPP dan tahapan dalam internalisasi kepada peserta didik selama proses pembelajaran drama bahasa Indonesia melalui kegiatan penyusunan naskah hingga pementasan drama Pohon Berdaun Kain di dalam kelas

References

Adriansyah, M. A., Harro Uasni, Z. F., Pulunggono, G. P., Hasanah, R. G., & Apriliani, N. a. (2017). Kwangkai: Menguak Makna Ritual Puncak Adat Kematian Suku Dayak Benuaq Kalimantan Timur Ditinjau Dalam Perspektif Psikologi Teori Tindakan Beralasan. Psikostudia: Jurnal Psikologi , 9-20.

Agustinus P, L. M. (2021). Nilai-Nilai Kearifan Lokal Sebagai Pembentuk Karakter dalam kumpulan Cerita Rakyat Daerah Jambi Karya Thabran Kahar dan Kawan-Kawan ( Analisis Struktural ). Skripsi .

Alwasilah, A. C., Suryadi, K., & Karyono, T. (2009). Etnopedagogo. Bandung: Kiblat Buku Utama.

Asfiani, M. (2021). Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran kitab mukhtasar ihya ulumiddin di tingkat Aliyah dalam pembentukan karakter santri pondok pesantren Salafiyah Pasuruan.

Atmazaki. (2007). Ilmu Sastra : Teori dan Terapan. Padang: Angkasa Raya. Billa, M. (2006). Alam lestari dan Kearifan Budaya Dayak kenyah. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Caplin, J. (2003). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Daryanto, & Farid, M. (2013). Konsep Dasar Manajemen Pendidikan di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Faiz, A., Widjatini, R., & Yanti, N. H. (2021). Potret Kebudayaan Dayak Benuaq Dalam Novel Api Awan Asap Karya Korrie Layun Rampan. Jurnal Iswara , 68-79.

Febrianti, V. R. (2020). Keefektifan Metode Rotating Roles dan Metode Role Playing dalam Pembelajaran Pementasan Drama Siswa Kelas XI SMA Sang Timur Yogyakarta Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi .

Firmansyah, W. (2020). Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Minangkabau Untuk Generasi Muda. Jurnal Pendidikan Antropologi .

Fitriani. (2020). Sejarah Agama-Agama. Sumatera Utara: Modul.

Hamzah, A. (2018). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Haryanto (2013, p. 368). dalam BAB II kajian pustaka 2.1 pengertian kearifan lokal. Eprints UMM. http://eprints.umm.ac.id/35955/3/jiptummpp- gdl-irawansatr-48429-3-babiip-f.pdf

Herawati, Y., Misriani, & Riana, D. R. (2014). Cerita Rakyat Kabupaten Kutai Barat. Samarinda: Kantor Bahasa Privinsi Kalimantan Timur.

Humasah, Pantiwati, Y., Restian, A., & Sumarsono, P. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press.

J., L., & Moleong. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja `Rosdakarya Offset.

Juwati. (2018). Sastra Lisan Bumi Silampari: Teori, Metode, dan Penerapannya. Yogyakarta: Deepublish.

Kalidjernih, F. K. (2010). Kamus Study Kewarganegaraan,Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Kalista, V., Luthfi R, A., & Widyasmoro, A. (2018). Puncak Ritual Kematian Suku Dayak Tonyooi Benuaq dalam Dokumenter Etnografi “Malas Budi Basaq”. Sense , 59-75.

Kusnita, S., Uli, I., & Yuniarti, N. (2021). Cerita Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa.

Kalidjernih, F. K. (2010). Kamus Study Kewarganegaraan, Perspektif Sosiologikal dan Politikal. Bandung: Widya Aksara.

Kalista, V., Luthfi R, A., & Widyasmoro, A. (2018). Puncak Ritual Kematian Suku Dayak Tonyooi Benuaq dalam Dokumenter Etnografi “Malas Budi Basaq”. Sense , 59-75.

Kusnita, S., Uli, I., & Yuniarti, N. (2021). Cerita Rakyat Melayu Pesisir Kalimantan Barat sebagai Alternatif Bahan Pembelajaran Sastra di SMP. Jurnal Pendidikan Bahasa.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: RinekaCipta. Lasmaya, D. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Banten Dalam Mengembangkan Identitas Diri Pada Mahasiswa. Bandung.

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: RinekaCipta. Lasmaya, D. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Banten Dalam Mengembangkan Identitas Diri Pada Mahasiswa. Bandung: Skripsi.

Maryati, k., & Suryawati, J. (2017). Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu. Jakarta: ESIS.

Muhtar, T., Suherman, A., Aeni, A. N., & Jayadinata, A. K. (2018). Internalisasi Nilai Kesalehan Sosial. Sumedang: Sumedang Press.

Muliadi B, M. (2021). Internalisasi Pesan Kalindaqdaq Mandar Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Tammerodo Sendana (Tinjauan Nilai Pendidikan Islam). Tesis .

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Nasioanal, P. B. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan, 18-19.

Maryati, k., & Suryawati, J. (2017). Sosiologi Kelompok Peminatan Ilmu. Jakarta: ESIS.

Moleong. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muliadi B, M. (2021). Internalisasi Pesan Kalindaqdaq Mandar Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Pada Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Tammerodo Sendana (Tinjauan Nilai Pendidikan Islam). Tesis .

Mulyasa, E. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: Bumi Aksara. Nasioanal, P. B. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan , 18-19.

Partanto, P. A., & Barry, M. D. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Arloka.

Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan .

Puryanti, Y. A. (2019). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Ekstrakuikuler sebagai Penguatan Karakter Kewargaan Siswa SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Partanto, P. A., & Barry, M. D. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Yogyakarta: Arloka.

Patton, M. Q. (2009). Metode Evaluasi Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Prayogi, D. S., Utaya, S., & Sumarmi. (2019). Internalisasi Kearifan Lokal Dalam Pembelajaran melalui Pengembangan Multimedia Interaktif Muatan Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Septika, H. D. (2020). Pemertahanan Bahasa Dayak Kenyah di Kota Samarinda. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3 (3), 295-304.

Puryanti, Y. A. (2019). Strategi Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal dalam Kegiatan Ekstrakuikuler sebagai Penguatan Karakter Kewargaan Siswa SMP Negeri 3 Banguntapan Bantul. Yogyakarta: Program Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta.

Rahayu, S. (2017). Kearifan Lokal Masyarakat Adat Dalam Pengelolaan.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Raodah, I., Maryatin, M., & Ratnawati, I. I. (2022). KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT DAYAK BENUAQ DALAM CERITA RAKYAT KABUPATEN KUTAI BARAT DAN INTERNALISASINYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA KELAS VIII DI SMP DARUN NAJAH BALIKPAPAN. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 368–380. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.190