PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS XI-A SMA NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024

Authors

  • Arianti Arianti Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.473

Keywords:

Keterampilan Berbicara, Project Based Learning, Teks Berita

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Penerpan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Materi Teks Berita di Kelas XI-A SMA Negeri 6 Balikpapan Tahun Ajaran 2023/2024, Jenis penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan alokasi waktu 4 x 45 menit untuk masing-masing siklus. Hasil kemampuan berbicara siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 55,4% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 76,1%. Persentase kenaikan dari siklus I ke siklus II yaitu 20,7%.  Setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini siswa kelas XI-A SMA Negeri 6 Balikpapan. Objek dari penelitian ini yaitu keterampilan berbicara siswa dengan metode Project Based Learning (PjBL).

References

Afdal, A., Nugroho, T. C., Deli, R., & Muhdar, A. (2023). Penerapan Metode Circ (Cooperative Integrated Reading and Composition) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas Iii Sdn 017 Samarinda Utara Tahun 2022. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 259-270.

Asmanijar, W., & Sitepu, T. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Penerapan Model Discovery Learning Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Medan. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 186-193.

Astri, N. D., Yolanda, M., Lumbangaol, C., Bangun, D. M. B., & Tarigan, D. M. (2022). Penerapan Metode Pembelajaran Indeks Card Match Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Di SMA N 1 Sibolangit. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 231-238.

Casmudi, C., & Prasetyo, K. H. (2023). Pemanfaatan Alat Komunikasi Pembelajaran Online Jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP/MTs) pada Era Pendemi Covid 19. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 558-564.

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Harianto (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. Didaktika, Vol. 9, No. 4. https://jurnaldidaktika.org/.

Hosnan, M., 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 2. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Islami, R. P., & Riadi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Gambar Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 275 Jakarta. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 271-281.

Kelly, Victor., Suryani., & Abdussamad. (2015). Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Menggunakan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Kelas V SD. Pontianak.

Oppusunggu, H. B. M., & Hasibuan, M. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas X-MPLB 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 139-146.

Prasetya, K. H., Kumalasari, E., Maulida, N., & Ramadania, D. F. (2023). Analysis Of Errors In The Use Of Sentences In Anecdote Texts Via Comic Strip Media Class X Students Of TSE (Tourism Services Enterprise) SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 7(2), 824-831.

Prasetya, K. H., Utami, K. P., & Indriawati, P. (2024). Analysis Of Language Errors At The Morphological Level In Anecdote Text Writing Of Class X Students MP (Marketing Management) Of SMK Negeri 3 Balikpapan Academic Year 2023/2024. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 63-68.

Sari, E. P., & Mukhlishina, I. (2023). Pengembangan Media Papan Tebak Gambar pada Teks Deskripsi Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 118-126.

Septika, H. D., Ilyas, M., & Prasetya, K. H. (2024). Development Of Teaching Modules Based On Local Wisdom In Learning Literature Writing For Students In Elementary School Teacher Education Program. Santhet (Jurnal Sejarah Pendidikan Dan Humaniora), 8(1), 89-94.

Silitonga, G. R., Ningsih, W., & Ariga, H. P. S. (2022). Peningkatan Kemampuan Berbahasa Indonesia Melalui Media Gambar Di Kelas XI SMA Swasta Free Methodist Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 450-455.

Situmorang, F. E., Batu, R. L., Yolanda, I., Simanungkalit, A., & Nisa, K. (2022). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Menceritakan Kembali Isi Teks Biografi Pada Kelas X SMK. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 388-393.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106-117.

Suherli, Mamam Suryaman, Aji Septiaji dan Istiqomah. 2017. Buku Guru Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Winawati & Indriyanti (2019). Meningkatkan Keterampilan Berbicara Teks Anekdot Melalui Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Kontruktivisme Pada Peserta Didik Kelas X IPA-1 MAN Sidoarjo. Journal Buana Bastra.

Downloads

Published

2024-06-30

How to Cite

Arianti, A., & Ratnawati, I. I. . (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA PADA MATERI TEKS BERITA DI KELAS XI-A SMA NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2023/2024. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 327–335. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.473

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)