PEMEROLEHAN KOSAKATA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB B NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK)

  • Astrini Arifuddin
  • Indah Ika Ratnawati
  • Kiftian Hady Prasetya
Keywords: anak tunarungu, kosakata, psikolinguistik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pemerolehan kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia pada anak tunarungu. Sebagian besar subjek pada penelitian ini mengalami tunarungu berat. Anak tunarungu memiliki masalah terhadap biologis dan neorologis sehingga berdampak pada pemerolehan kosakatamya. Jenis kosakata pada penelitian ini dibatasi pada (a) kata benda, (b) kata kerja, (c) kata sifat, (d) kata bilangan, (e) kata keterangan, (f) kata tanya, dan (g) kata seru. Peneliti mendapatkan data dari soal tertulis sebanyak empat kali pada 7 siswa kelas I SDLB B Negeri Balikpapan. Data disajikan dalam bentuk tabel reduksi data, lalu dideskripsikan dengan menguraikan kata-kata untuk memberikan gambaran mengenai informasi pemerolehan kosakata anak tunarungu. Pemerolehan kosakata yang dihasilkan oleh 7 anak tunarungu adalah sebanyak 92 kosakata. Pemerolehan kosakata didominasi oleh kata benda yaitu sebanyak 48 kosakata. Tingkat penguasaan kosakata anak tidak dipengaruhi oleh usia namun dipengaruhi oleh tingkat kehilangan mendengar, karakteristik, dan lingkungan sosial sang anak. Pada penelitian ini ditemukan pula permasalahan anak tunarungu dalam melakukan generalisasi terhadap benda yang memiliki karakteristik yang sama

References

Cahya, L. (2013). Buku Anak Untuk ABK. Yogyakarta: Familia.
Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Cahya, L. (2013). Buku Anak Untuk ABK. Yogyakarta: Familia.
Chaer, A. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Haenudin. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Mar'at, S. (2011). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sadja'ah, E. (2012). Bina Bicara Persepsi Bunyi dan Irama. Bandung: Refika Aditama.
Soedjito, & Saryono, D. (2011). Kosakata Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syamsuddin, A., & Damaianti, V. (2007). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wasita, A. (2014). Seluk-Beluk Tunarungu & Tunawicara Serta Strategi Pembelajarannya. Jogjakarta: Javalitera
Published
2018-12-30
How to Cite
Arifuddin, A., Ratnawati, I., & Prasetya, K. (2018, December 30). PEMEROLEHAN KOSAKATA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNARUNGU KELAS I DI SDLB B NEGERI BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 (KAJIAN PSIKOLINGUISTIK). Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 1-10. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.32
Section
Articles