PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Kiftian Hady Prasetya Universitas Balikpapan

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93

Keywords:

Reward and Punishment, Motivasi Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

 

Penelitian ini bertujuan mulia yaitu untuk mengetahui pengaruh pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Reward merupakan pemberian penghargaan kepada siswa yang berprestasi dan dilakukan sebagai upaya untuk lebih meningkatkan motivasi belajarnya. Sedangkan punishment merupakan pemberian hukuman kepada siswa sebagai timbal balik atas prestasi belajar yang rendah. Akan tetapi pemberian punishment di sini dilakukan agar siswa tersebut lebih bersemangat dan termotivasi pada pelajaran berikutnya. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 015 Samarinda Ulu. Desain penelitian ini menggunakan desain Ex-postfacto. Populasi penelitian adalah siswa kelas VA di SDN 015 Samarinda Ulu. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Adapun teknik pengambilan data melalui angket dan dokumentasi. Hasil penelitian lapangan dan hasil analisis data dapat diketahui dari hasil perhitungan uji hipotesis nilai fhitung lebih besar dari ftabel. Berdasarkan dari hasil uji hipotesis variabel penelitian dapat diketahui bahwa nilai fhitung 92,918 > ftabel  4,38. Sehingga terdapat pengaruh yang cukup signifikan dari pemberian reward and punishment terhadap motivasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas tinggi di sekolah dasar. Khususnya pada siswa kelas VA di SDN 015 Samarinda Ulu.

References

Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. (2013). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Andriani. (2013). Penerapan Reward Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS kelas III A di MIN Tempel Ngaglik Sleman. http://digilib.uin-suka.ac.id/9251/
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Chaplin, J. P. (2014). Kamus Psikologi Lengkap. Jakarta: Raja Grafindo.
Djamrah, S. B. (2015) Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, U. (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, A. (2010). Marketing dari Mulut Ke Mulut. Yogyakarta: Media Presindo.
Kusumah, Wijaya, dkk. (2011). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.
Priyatno, D. (2010). Teknik Mudah dan Cepat Melakukan Analisis Data Penelitian Dengan SPSS dan Tanya Jawab Ujian Pendadaran. Yogyakarta: Gaya Media.
Rifa’i, Ahmad dan Catharina, A. (2011). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Rosanti. (2012). Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas III MI Ma’arif Klagon Ditinjau Dari Pemberian Reward And Reinforcement. Diakses melalui http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9916.
Sadulloh. (2014). Pedagogik (Ilmu Mendidik). Bandung: Alfabeta.
Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruz Media.
Siswoyo, D. (2011). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Subakti, Hani. (2019). Pengembangan Pembelajaran Menulis Cerita Pendek dengan Model Mind Mapping pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda Tahun Pembelajaran 2018 2019. Vol. 2, No. 2, Desember 2019. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.67.
Subakti, Hani. (2020). Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Reward Pada Kelas IV SDN 023 Samarinda Utara. Vol.03 No. 01, 1–9, Juni 2020. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.80.
Sugihartono, dkk. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kalitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sukardi. (2011). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wantah, J. M. (2009). Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Dapartemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-01-03

How to Cite

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). PENGARUH PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS TINGGI DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 106–117. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.93

Most read articles by the same author(s)