PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018 2019

Authors

  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.67

Keywords:

pengembangan, model mind mapping, menulis, cerita pendek

Abstract

Abstrak
Penelitian pengembangan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda perlu dilakukan. Hal ini, disebabkan masih kurangnya pemahaman siswa terhadap penulisan cerita pendek. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (research and development) dengan model Borg dan Gall. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian pengembangan pembelajaran menulis cerita pendek dengan model mind mapping pada siswa kelas XI SMK Negeri 11 Samarinda, (1) dinyatakan memiliki kevalidan dari kedua validator yaitu penilaian validator ahli sastra mendapatkan nilai 94% dengan kriteria sangat baik dan penilaian validator pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia mendapatkan nilai 96% dengan kriteria sangat baik (2) dinyatakan memiliki kepraktisan berdasarkan penilaian praktisi (teman sejawat) dengan mendaptkan nilai 96% dengan kriteria sangat baik (3) dinyatakan memiliki keefektifan dilihat dari uji kelompok kecil pada saat pretes dengan rata-rata 67,16% dan postes dengan rata-rata 87,16% dan standar deviasi 8,51, serta uji kelompok besar pada saat pretes dengan rata-rata 67,7% dan postes dengan rata-rata 89% dan standar deviasi 18,42.
Kata kunci : pengembangan, pembelajaran menulis cerita pendek, model mind mapping
Abstract
Research development of learning to write a short story with mind mapping model on students of XI SMK Negeri 11 Samarinda needs to be done. This is due to the lack of students' understanding of short story writing.. The research method used is research and development (research and development) with Borg and Gall model. Based on data analysis, the research result of learning development of short story writing with mind mapping model on students of XI SMK Negeri 11 Samarinda, (1) stated has validation of validator validator score of 94% with excellent criteria and assessment validator of Indonesian Language and Literature learning scores 96% with very good criterion (2) stated having practicability based on practitioner's appraisal (peers) with mendaptkan value 96% with very good criterion (3) expressed to have effectiveness seen from small group test at the time of pretes with an average of 67.16% and postes with an average of 87.16% and a standard deviation of 8.51, as well as a large group test at pretest with an average of 67.7% and postes with an average of 89% and a standard deviation 18.42.

Keywords: development, short story writing lesson, mind mapping model

References

Abidin. Yunus. (2013). Pembelajaran bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar (ed). (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatof, Progresif dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta: Prenadamedia Group.
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ghazali, Syukur. (2013). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa dengan Pendekatan Komunikatif-Interaktif: Bandung Refika Aditama.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2016). Panduan Penilaian oleh Pendidik untuk Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kosasih, E. (2012). Dasar- Dasar Keterampilan Menulis . Bandung: Yrama
Widya.
Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Rajawali Pers
Permendikbud. (2016). Nomor 21, Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah Bahasa Indonesia SMA. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Priyatni, Endah Tri. (2014). Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.
Sani, Ridwan Abdullah. (2015). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian& Pengembangan: Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sutama, I Made. (2016). Pembelajaran Menulis.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Subakti, H. (2019). PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK DENGAN MODEL MIND MAPPING PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 11 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2018 2019. Jurnal Basataka (JBT), 2(2), 1–7. https://doi.org/10.36277/basataka.v2i2.67