PENINGKATAN HASIL BELAJAR MODEL COMPLETE SENTENCE MUATAN BAHASA INDONESIA DI SDN 027 SAMARINDA ULU
Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.85Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Hasil Belajar, Model Complete SentenceAbstract
Penelitian tindakan kelas (PTK) sangat penting dilaksanakan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang memuasakan khususnya pada muatan bahasa Indonesia pada kurikulum 2013. Atas dasar itu, penelitian ini dilaksanakan untuk mengukur peningkatan hasil belajar model complete sentence muatan bahasa Indonesia di SDN 027 Samarinda Ulu. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III yang berjumlah 30 siswa. Penelitian telah dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tahap pelaksanaan disetiap siklus terdiri dari atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi diakhir tindakan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil akhir dari penelitian tindakan kelas (PTK) menunjukan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang cukup signifikan. Ini terlihat dari hasil siklus I yang mendapatkan nilai rata-rata tes yaitu 70. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dengan mendapatkan nialai rata-rata tes 80. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas (PTK), maka dapat disimpulkan bahwa complete sentence dapat meningkatkan hasil belajar muatan bahasa Indonesia siswa kelas III SDN 027 Samarinda Ulu tahun pembelajaran 2019/2020.
References
Anisatun, Nafi’ah S. (2018). Model Model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.
Anshori, M., & Iswati, S. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya. Airlangga University Perss.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung. Alfabeta.
Chomaidi, & Salmah. (2018). Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta. Grasindo Anggota Ikapi.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta.
Jalil, J. (2018). Pendidikan Karakter Implementasi Oleh Guru Kurikulum Sumber Daya Pendidikan. Jawa Barat. Jejak.
Jumaidi. (2018). Model Model Pembelajaran Kelompok Sistem Perilaku. Jogjakarta.UNY.
Malawi, I., Kadarwati, A., & Permata, D. (2019). Teori dan Aplikasi Pembelajaran Terpadu. Jawa Timur.Ae Media Grafika.
Nurhafit, & Kurniawan. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. Jogjakarta. Deepublish.
Prastowo, A. (2019). Analisis Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta. Kencana.
Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta.Rajawali Pers.
Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 13. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta. Deepublish.
Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas Metode Kaidah Penulisan dan Publikasi. Depok. Rajawali Pers.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung. Alfabeta.
Tampubolon, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas untuk Pengembangan Profesi Pendidik dan Keilmuan. Jakarta. Erlangga.
Thobroni. (2015). Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.
Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK dan Anak Kelas Awal SD/MI. Jakarta. Kencana.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta. Kencana.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung.Yrama Widya.