HASIL BELAJAR MUATAN BAHASA INDONESIA TEMA PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN REWARD PADA KELAS IV SDN 023 SAMARINDA UTARA
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.80Keywords:
Hasil Belajar, Tematik, RewardAbstract
Abstrak
Classroom action research (CAR) ini memiliki tujuan mengetahui hasil belajar muatan bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 023 Samarinda Utara. Dalam penelitian ini telah terjadi peningkatan yang signifikan pada hasil belajar muatan bahasa Indonesia tema peduli makhluk hidup dengan menggunakan reward pada kelas IV SDN 023 Samarinda Utara. Penelitian ini telah dilaksanakan sebanyak dua siklus. Tahap pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil akhir penelitian menunjukan bahwa pada siklus I hasil belajar siswa dengan nilai tes rata-rata 69,5 dengan presentase ketuntasan 60% dan presentase tidak tuntas yaitu 40%. Sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa dengan nilai tes rata-rata 81,3 meningkat dengan presentase ketuntasan 86,7% dan presentase tidak tuntas hanya 13,3%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa strategi reward dapat meningkatkan hasil belajar muatan bahasa Indonesia tema peduli makhluk hidup pada siswa kelas IV SDN 023 Samarinda Utara.
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (2nd Ed.). Jakarta: Bumi Aksara.
Ahmadi, R. (2014). Pengantar Pendidikan (Asas & Filsafat Pendidikan). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kunandar. (2013). Langkah Mudah Penelitian Tindakan kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru (9th Ed.). Depok: Rajagrafindo Persada.
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kurniawan, D. (2017). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, Dan Penilaian). Bandung: Alfbeta.
Paizaluddin dan Ermalinda. (2014). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Bandung: Alfabeta.
Setiawan, R. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) (1st Ed.). Yogyakarta: Nuha Medika.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Thobroni, M. (2015). Belajar & Pembelajaran (Teori dan Praktik). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Widiasworo, E. (2017). Masalah-Masalah Peserta Didik alam Kelas Dan Solusinya. Yogyakarta: Aksara.
Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi.Jakarta: Kencana.