ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 027 SAMARINDA ULU

Authors

  • Eka Selvi Handayani Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda
  • Hani Subakti Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90

Keywords:

Pembelajaran Daring, Bahasa Indonesia, Pandemi Covid-19, Media Whatsapp

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pembelajaran daring bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SDN 027 Samarinda Ulu. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III C, kepala sekolah, siswa kelas III C, dan orang tua siswa kelas III C. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar wawancara guru, lembar wawancara kepala sekolah, lembar wawancara siswa, lembar wawancara orang tua siswa, dan dokumentasi. Selanjutnya semua data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis data secara kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring bahasa Indonesia menjadi pembelajaran yang cukup efektif diterapakan bagi guru dan siswa pada masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini. Proses pembelajaran pun berlangsung dari rumah dengan menggunakan media elektronik telepon genggam pintar yang telah dimiliki oleh masing-masing siswa. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh guru, siswa, dan orangtua saat mengikuti pembelajaran daring melalui aplikasi whatsapp. Namun semua tantangan tersebut dapat dilalui hingga akhirnya berjalan baik sebagaimana mestinya. Pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring bahasa Indonesia dilaksanakan disetiap ada jam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas III C tersebut. Secara keseluruhan pembelajaran daring bahasa Indonesia dapat berjalan baik dengan bantuan media telepon genggam pintar. Akhirnya para siswa juga sudah mulai terbiasa mengikuti pembelajaran secara daring.

Author Biography

Eka Selvi Handayani, Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda

Dosen Tetap Yayasan di Universitas Widya Gama Mahakam

References

Ais, R. (2020). Komunikasi Efektif di Masa Pandemi. Tanggerang Banten: Makmood Publishing.
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif: Jawa Barat: Jejak.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru: Bandung: Remaja Rosdakarya.
Chomaidi, & Salmah. (2018). Strategi Pembelajaran Sekolah. Jakarta: Grasindo Anggota Ikapi.
Darmalaksana, W., Hambali, R. Y. A., Masrur, A., & Muhlas. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 Sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1(1), 1–12.
Dimyati, & Mudjiono. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, A. (2017). Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas Dan Studi Kasus. Jawa Barat: Jejak.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Salafia, J. (2014). Qualitative Data Analysis. Sage.
Nurhalimah, S. (2019). Media Sosial dan Masyarakat Pesisir: Refleksi Pemikiran Mahasiswa Bidikmis. Jogjakarta: Deepublish.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2), 30–36.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: Untung.
Rusman. (2014). Model Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759 4(2),214-224
Sanjaya, R. (2020). Refleksi pembelajaran daring dimasa darurat. Semarang: .Katolik Soegija Pranata.
Suardi, M. (2018). Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Deepublish.
Subakti, Hani. (2019). 8 Konsepsi Landasan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Parepare: Kaaffah Learning Center.
Subakti, Hani. (2020). Hasil Belajar Muatan Bahasa Indonesia Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Menggunakan Reward Pada Kelas IV SDN 023 Samarinda Utara. Vol.03 No. 01, 1–9, Juni 2020. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i1.80.
Sudarsana, I. K. (2020). Covid-19 Perspektif Pendidikan. Medan: Kita menulis.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta
Thobroni. (2015). Belajar Dan Pembelajaran Teori Dan Praktik. Jogjakarta. Ar Ruzz Media.
Weda Raharjo, T. (2020). Respon Terhadap Merk Karena Pengaruh Gangguan Penayangan Iklan di Youtube. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Winarno. (2020). Pelajaran Berharga Dari Sebuah Pandemi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yuliani, M., Simamata, J., Saodah Susanti, S., Mahawati, E., Indradi Sudra, R., Dwiyanto, H., Irawan, E., & Dkk. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
Zahroh, A. (2015). Membangun Kualitas Pembelajaran Melalui Dimensi Profesionalisme Guru. Bandung: Yarama Widya.

Downloads

Published

2021-01-02

How to Cite

Handayani, E. S., & Subakti, H. (2021). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN 027 SAMARINDA ULU. Jurnal Basataka (JBT), 3(2), 81–89. https://doi.org/10.36277/basataka.v3i2.90