ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA GURU HONORER DALAM KOMIK PAK GURU INYONG BERBASIS WEBTOON KARYA ANGGORO IHANK

  • Desi Nurcahyani universitas balikpapan
  • Nurliani Maulida universitas balikpapan
  • Kiftian Hady Prasetya universitas balikpapan
Keywords: tokoh utama, nilai karakter, bahan ajar, Webtoon Pak Guru Inyong

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter guru terlihat cukup memprihatinkan seperti yang terdapat pada berita-berita melalui media cetak atau media elektronik, yang memberitakan perilaku guru sebagai pendidik mengarah pada krisis karakter. Penelitian ini mengkaji nilai-nilai pendidikan karakter dalam komik Pak Guru Inyong berbasis Webtoon Karya Anggoro Ihank dan implikasi penerapan Webtoon sebagai bahan ajar di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan tokoh penokohan dalam Komik Pak Guru Inyong berbasis Webtoon, (2) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter dalam komik Pak Guru Inyong berbasis Webtoon dan (3) implikasi penerapan komik Pak Guru Inyong berbasis Webtoon sebagai bahan ajar bagi siswa SMP kelas VIII.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Aziz, H. A. (2016). Karakter guru profesional. Jakarta Selatan: PT Al- Mawardi Prima.
Moleong, L. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sohimin, A. (2014). Guru berkarakter untuk impelementasi pendidikan karakter. Yogyakarta: Gava Media.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Published
2018-12-30
How to Cite
Nurcahyani, D., Maulida, N., & Prasetya, K. (2018, December 30). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER TOKOH UTAMA GURU HONORER DALAM KOMIK PAK GURU INYONG BERBASIS WEBTOON KARYA ANGGORO IHANK. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 35-40. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v1i2.26
Section
Articles