PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK ADHD DI SEKOLAH ALAM JABALUSSALAM BALIKPAPAN

  • Nova Nova Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan
  • Maryatin Maryatin Universitas Balikpapan
Keywords: Pemerolehan Bahasa, Anak Adhd, Sekolah Alam

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa anak ADHD yang mengalami keterlambatan bicara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang pemerolehan bahasa dan kesalahan fonologi pada anak ADHD yang mengalami keterlambatan bicara di Sekolah Alam Jabalussalam Balikpapan. Pemerolehan bahasa berupa  berupa pemerolehan fonologi dan sintaksis. Untuk kesalahan fonologi berupa kesalahan pelafalan fonem konsonan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data penelitian ini adalah ujaran dan percakapan. Subjek penelitian ini adalah seorang anak laki-laki berusia 7 tahun yang memiliki gangguan perkembangan yang disebut ADHD. Objek penelitian ini adalah pemerolehan bahasa dan kesalahan fonologi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dilakukan menggunakan metode simak libat cakap (SLC) dan rekam. Instrumen penelitian ini berupa peneliti sendiri (human instrument) beserta alat bantu rekam berupa handphone dan kartu data. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemerolehan fonologi pada anak ADHD antara lain fonem konsonan /b/, /c/, /d/, /f/, /g/, /h/, /j/, /k/, /l/, /m/, /n/, /p/, /r/, /s/, /t/, /w/, /y/, /z/ dan pemerolehan sintaksis antara lain frasa nominal, frasa verbal, frasa depan, frasa bilangan serta kalimat berita dan kalimat suruh. Kemudian untuk hasil penelitian kesalahan fonologi antara terjadi perubahan fonem penghilangan fonem konsonan dan penambahan fonem konsonan /h/.

References

Bila, S. (2017, September 15). Ternyata Keterlambatan Bicara Bisa Jadi Awal Dari Sejumlah Gangguan Serius yang Dialami Anak. Retrieved Mei 23, 2018, from Sayangi Anak: www.sayangianak.com
Buitelaar, A. P. (2010). ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder). Jakarta: Prenamedia Group.
Candrasari, L. A. (2014). Pemerolehan Bahasa anak Usia #-4 tahun di Desa Gombong Kecamatan Belik Kabupaten Pemalang : Kajian Psikolinguistik.
Chaer, A. (2013). Fonologi : Bahasa Indonesia Jakarta. Jakarta: PT. Rineka
Cipta. (2015). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Dardjowidjojo, S. (2003). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Indonesia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
FIP-UPI, T. P. (2007). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Jakarta: IMTIMA.
Gunarsa, S. D. (2008). Dasar dan Teori Perkembangan Anak. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.
Herlina. (2016). Pemerolehan Fonologi Pada Anak Usia 2 Tahun 2 Bulan (Studi Kualitatif pemerolehan Fonologi Pada Aisyah) .
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Prenadamedia.
Kadir, T. H. (2016). Pengembangan Proses Pembelajaran Teori Behaviorisitk Untuk Anak Berkebutuhan Khusus. 109.
Mahsun, M. (2012). Metode Penelitian Bahasa, Tahapan, Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: RajaGrafindo.
Mar'at, S. (2011). Psikolinguistik Suatu Pengantar. Bandung: PT Revika Aditama.
Marsono. (2013). Fonetik. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Moleong, L. J. (2015). Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, M. (2008). Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 0-3 Tahun Dalam Bahasa Sehari-hari (Tinjauan Psikolinguistik). (2016). Yosep Trinowismanto , 33-70.
Putri, N. D. (2015). Analisis Pemerolehan Fonologi Pada Penderita Down Syndrom .
Ramlan, P. D. (2005). Sintaksis. Yogyakarta: C.V. Karyono.
Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Teori dan Praktis. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono, P. D. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R& D. Bandung: Alfabeta.
Tiel, J. M. (2007). Anakku Terlambat Bicara. Jakarta: Prenamedia Group.
Wardiani, A. Y. (2016). Pemerolehan Bahasa Penderita Tunagrahita Pada Siswa SD Kelas 1 C di SLB Negeri Banjarnegara Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnergara tahun 2016.
Published
2019-07-22
How to Cite
Nova, N., Ratnawati, I., & Maryatin, M. (2019, July 22). PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK ADHD DI SEKOLAH ALAM JABALUSSALAM BALIKPAPAN. Jurnal Basataka (JBT), 2(1), 87-91. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v2i1.62
Section
Articles