PEMEROLEHAN KOSAKATA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI SDLB C NEGERI BALIKPAPAN KAJIAN PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • Aprilia Sulistiani Universitas Balikpapan
  • Indah Ika Ratnawati Universitas Balikpapan
  • Maryatin Maryatin Universitas Balikpapan

Keywords:

Pemerolehan Bahasa, Kosakata, Tunagrahita, Psikolinguistik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa anak tunagrahita yang merujuk pada kondisi lemahnya pikiran pada anak atau terbelakang mental. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemerolehan kosakata berdasarkan kelas kata bahasa Indonesia pada anak tunagrahita. Subjek pada penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan dan anak tunagrahita sedang. Anak tunagrahita yang memiliki masalah kemampuan berpikir di bawah rata-rata anak normal pada umumnya sehingga berdampak pada pemerolehan kosakatanya. Jenis kosakata pada penelitian ini dibatasi pada (a) kata benda, (b) kata kerja, (c) kata sifat, (d) kata bilangan, (e) kata sapaan, dan (f) kata penunjuk. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan kajian psikolinguistik. Data dalam penelitian ini berupa tulisan yang dihasilkan oleh 6 anak tunagrahita. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini berupa pedoman wawancara, kartu data, lembar kerja siswa, gawai, alat tulis dan laptop. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil pemerolehan kosakata sebanyak 218 kosakata. Pemerolehan kosakata yang diperoleh SYR sebanyak 166 kosakata, ZNL sebanyak 10 kosakata, RY sebanyak 44 kosakata, AL sebanyak 69 kosakata, DP sebanyak 124 kosakata, ME sebanyak 55 kosakata. Pemerolehan kosakata didominasi oleh kata benda sebanyak 104 kosakata dan kata bilangan sebanyak 82 kosakata. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan kosakata tidak dipengaruhi oleh usia namun dipengaruhi oleh klasifikasi ketunagrahitaan, kemampuan berbahasa dan kemampuan akademik, serta penyesuaian diri pada anak.

References

Alwasilah, A Chaedar. (2011). Linguistik Suatu Pengantar. Bandung: CV. Angkasa.

Atmaja, J. (2018). Pendidikan dan Bimbingan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Chaer, Abdul. (2015). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. (2011). Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

¬___________. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

Damayanti, R., & Indrayanti, T. (2015). Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi. Surabaya: Victory Inti Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. (2012). Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kemis, & Rosnawati, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima.

Moleong, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murtie, Afin. (2016). Ensiklopedi Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Maxima.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. (2019). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suroso, Eko. (2014). Psikolinguistik. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Tarigan, H. (2011). Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: CV. Angkasa.

________. (2015). Pengajaran Kosa Kata. Bandung: CV. Angkasa.

Wasdi, & Puspita, I. (2019). Asesmen Membaca, Menulis & Berhitung untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta: Luxima.

Downloads

Published

2021-12-31

How to Cite

Sulistiani, A., Ratnawati, I. I., & Maryatin, M. (2021). PEMEROLEHAN KOSAKATA BERDASARKAN KELAS KATA BAHASA INDONESIA PADA ANAK TUNAGRAHITA KELAS VI SDLB C NEGERI BALIKPAPAN KAJIAN PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Basataka (JBT), 4(2), 161–168. Retrieved from https://jurnal.pbsi.uniba-bpn.ac.id/index.php/BASATAKA/article/view/131

Most read articles by the same author(s)