KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MTS HIDAYATUL MUSTAQIM BALIKPAPAN MELALUI KEGIATAN MENJADI PEMBAWA ACARA

  • duwi rahayu Universitas Balikpapan
  • Maryatin Maryatin Universitas Balikpapan
  • Retnowaty Retnowaty Universitas Balikpapan
Keywords: Kemampuan Berbicara, Siswa MTS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustaqim Balikpapan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustaqim Balikpapan berjumlah 41 siswa. Data diambil untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa kelas VIII dengan menggunakan observasi, penilaian tes, dan wawancara. Teknik analisis data yang diguanakan adalah deskriptif yang bertujuan untuk memberikan gambaran realita yang ada tentang kemampuan berbicara siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustaqim Balikpapan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas VIII MTs Hidayatul Mustaqim Balikpapan termasuk ke dalam kategori baik yaitu sebanyak 20 siswa dari 41 siswa yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 20 siswa laki-laki, atau sebesar 48.78%. Kemampuan ini sudah baik untuk ukuran siswa kelas VIII MTs yang sedang mengalami perubahan masa-masa remaja. Jika ditingkatkan lagi dengan pembelajaran bahasa Indonesia yang rutin dan terarah, maka kemampuan berbicara siswa akan meningkat dan masuk kategori sangat baik.

References

Ahmad, Hendra. (2013). Kemampuan Siswa Berbicara dengan Metode Diskusi di Kelas IV SDN No.88 Kota Tengah Kota Gorontalo. Jurnal, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo. Diakses pada tanggal
04 April 2017, dari
http://kim.ung.ac.id.
Arsjad, Maidar G & Mukti U.S. (1993). Pembinaan Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
FKIP Universitas Balikpapan. (2013). Panduan Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: Lilin Persada Press.
Leksono, Gilar Pandu. (2013) Kemampuan Berbicara Siswa Kelas Tinggi di SD Negeri 1 Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga. Skripsi, Universitas Yogyakarta, Yogyakarta. Diakses pada tanggal 08 Februari 2017, dari http://eprints.uny.ac.id.
Moleong, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif (edisi revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Mongi, Jeanne. (2015). Peningkatan Keaktifan dan Kemampuan Berbicara dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII-B SMP Kristen GPIB Balikpapan. Skripsi, tidak diterbikan, Universitas Balikpapan, Balikpapan.
Musaba, Zulkifli. (2012). Terampil Berbicara Teori dan Pedoman Penerapannya. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2018-06-06
How to Cite
rahayu, duwi, Maryatin, M., & Retnowaty, R. (2018, June 6). KEMAMPUAN BERBICARA SISWA MTS HIDAYATUL MUSTAQIM BALIKPAPAN MELALUI KEGIATAN MENJADI PEMBAWA ACARA. Jurnal Basataka (JBT), 1(1), 22-29. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/basataka.v1i1.11
Section
Articles