RELEVANSI NILAI EDUKATIF DALAM LIRIK LAGU “JUJUNG GOARHI AMANG” KARYA LOPEZ SITANGGANG SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA SISWA SMA KELAS X

Authors

  • Ires Pratiwi Universitas Prima Indonesia
  • Oktavia Turnip Universitas Prima Indonesia
  • Annisa Annisa Universitas Prima Indonesia
  • Meriah Kita Deliani Poleteknik Adiguna Maritim Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.198

Keywords:

Nilai Edukatif, Lagu, Bahan Ajar, Apresiasi Sastra

Abstract

Kajian ini membahas tentang nila-nilai edukatif pada lirik lagu “Jujung Goarhi Amang” karya Lopez Sitanggang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan menggunakan cara: 1. Mendengarkan lagu batak yang berjudul “Jujung Goarhi Amang” karya Lopez Sitanggang, 2. Mencatat dan menerjemahkan lirik lagu, 3. Mengumpulkan data terkait lirik lagu, 4. Mengelompokkan dan mengidentifikasi nilai-nilai edukatif sesuai dengan jenisnya dalam lirik lagu, 5. Memberikan kesimpulan dan menentukan relevansinya terhadap bahan ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai edukatif dalam lirik lagu dapat digunakan sebagai bahan ajar dengan merujuk kepada kompetensi inti yang ada dalam topik apresiasi sastra SMA kelas X.

References

Agustin, Nurul, dkk. 2020. Memahami Nilai Moral Dalam Film Animasi Nussa dan Rara Sebagai Tayangan yang Layak Ditonton Anak Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar. Vol. 1, No. 1.

Febrianshari, Deddy, dkk. 2018. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembuatan Dompet Punch Zaman Now. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6, No. 1, April.

Hastuti, Nur. 2021. Citraan Dalam Lirik Lagu Polaris Karya Aimer. Kiryoku: Jurnal Studi Kejepangan. Vol. 5, No. 1.

Prasetya, K. H., Subakti, H., & Musdolifah, A. (2022). Pelanggaran Prinsip Kesantunan Berbahasa Peserta Didik terhadap Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (1), 1019-1027.

Rahmawan, T. 2010. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Hardiness Remaja di Panti Asuhan Putra Muhammadiyah Kota Malang. (Unpublished Thesis). Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Santi, Virdiasari. 2021. Analisis Isi Nilai Edukatif Pada Novel Jilbab Pertamaku Karya Asma Nadia dan Pemanfaatnya Dalam Pembelajaran Sastra Pada Kelas XI di SMK. Cirebon: Skripsi S1, Tadris Bhs. Indonesia IAIN Syekh Nurjati.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1), 13-24.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2021). Analisis Pembelajaran Daring Bahasa Indonesia Melalui Pemberian Tugas Pada Siswa Kelas Tinggi SDN 024 Samarinda Utara. Jurnal Basataka (JBT), 4(1), 46-53.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2020). Pengaruh Pemberian Reward and Punishment Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas Tinggi di Sekolah Dasar. Jurnal Basataka (JBT), 3 (2), 106-117.

Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2022). Permasalahan dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Masa Pandemi Covid-19 Siswa Sekolah Dasar di Kota Samarinda. Jurnal Basicedu, 6(6), 10067-10078.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tussadah, Nurlaela, dkk. 2020. Analisis Puisi “Rahasia Hujan” Karya Heri Isnaini Dengan Menggunakan Pendekatan Mimetik. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 3, No. 3. Mei.

Wulandari, Mutia. 2022. Analisis Nilai-Nilai Edukatif Bagi Muslimah Dalam Novel Hijab Palsu Karya Kifa Ansu. Palembang: Tesis Skrpsi, UIN Raden Fateh.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Pratiwi, I., Turnip, O. ., Annisa, A., & Deliani, M. K. . (2022). RELEVANSI NILAI EDUKATIF DALAM LIRIK LAGU “JUJUNG GOARHI AMANG” KARYA LOPEZ SITANGGANG SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA SISWA SMA KELAS X. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 381–387. https://doi.org/10.36277/basataka.v5i2.198