PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI SEMARANG MENGENAI PRODUKTIVITAS LITERASI SASTRA

Authors

  • Alisia Nilam Sekar Ayu Universitas Negeri Semarang
  • Ardani Tangguh Waskito Universitas Negeri Semarang
  • Azyarni Anjani Universitas Negeri Semarang
  • Najla Fadhila Universitas Negeri Semarang
  • Sandy Aulia Universitas Negeri Semarang
  • Tommi Yuniawan Universitas Negeri Semarang
  • Qurrota Ayu Neina Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.295

Keywords:

Literasi, Sastra, Persepsi, Produktivitas

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dan mengkaji persepsi mahasiswa program studi Sastra Indonesia di Semarang mengenai produktivitas dalam berliterasi sastra. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Aspek yang diteliti yaitu pemahaman, produktivitas, dan faktor eksternal yang memengaruhi mahasiswa dalam berliterasi sastra. Subjek penelitian ini ialah mahasiswa program studi Sastra Indonesia di Semarang, yaitu mahasiswa aktif dari Universitas Negeri Semarang dan Universitas Diponegoro. Pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner yang berisi serangkaian pertanyaan terkait urgensi akan produktivitas mahasiswa program studi Sastra Indonesia dalam berliterasi sastra. Berdasarkan hasil angket, diketahui bahwa mahasiswa program studi Sastra Indonesia di Semarang memiliki tingkat produktivitas dalam berliterasi sastra sebesar 45,92% yang dinilai cukup rendah. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mahasiswa akan pentingnya berliterasi sastra yang dapat menggerakkan kembali kegiatan bersastra sehingga menghasilkan sastrawan muda yang berkualitas dan lebih produktif.

References

Akbar, A. (2020). Minat Literasi Mahasiswa. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2b), 593–596.

Aristianti, A. D., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Sumbangsih Perkembangan Sastra di Era Generasi Milenial. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, Pengabdian, Dan Diseminasi, 1(1), 140–144.

Depari, R. B. B., Harianja, P., Purba, C. A., & Prasetya, K. H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Pada Siswa SMP Budi Setia Pasca Pandemi Covid-19. Jurnal Basataka (JBT), 5(2), 439-449.

Febriani, M., Nuryatin, A., Supriyanto, T., & Mardikantoro, H. B. (2023). Problematika Pendidikan Sastra di Indonesia dan Transformasinya untuk Generasi Alfa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (Prosnampas), 6(1), 1140–1145.

Hadi, A. A., Sarifah, A., Maftuhah, T., & Putri, W. D. (2023). Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(1), 22–30.

Hastuti, S., & Lestari, N. A. (2018). Gerakan literasi sekolah: Implementasi tahap pembiasaan dan pengembangan literasi di SD Sukorejo Kediri. Jurnal Basataka (JBT), 1(2), 29-34.

Ma’rifah, I. (2020). Peran Sastra Dalam Membangun Karakter Bangsa (Perspektif Pendidikan Islam). Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 4(2), 172–188.

Nurmayani, E., & Hilmiyatun, H. (2018). Hubungan Pengetahuan Tentang Sastra Dan Minat Membaca Karya Sastra dengan Kemampuan Mengapresiasi Karya Sastra (Studi Korelasi Pada Mahasiswa FKIP (Luar Jurusan PBS) Universitas Hamzanwadi. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, 187–195.

Purwati, S. (2018). Program Literasi Membaca 15 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Membaca Dan Menghafal Surah Pendek. Suara Guru, 4(1), 173–187.

Septika, H. D., & Prasetya, K. H. (2020). Local Wisdom Folklore for Literary Learning in Elementary School. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 13-24.

Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(2), 116–123.

Tresnawati, F., Yuliana, Y., & Isnaini, H. (2023). Problematika Pemahaman Teori Pembelajaran Sastra Bagi Siswa SMP dan SMA di Indonesia. Jurnal Humaniora Herisna Institute, 1(2), 29–37.

Tri, M., Agus, N., & Suminto, A. S. (2017). Menumbuhkan Budaya Literasi Sastra Di Kalangan Anak-Anak SD.

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 7(1).

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ayu, A. N. S. ., Waskito, A. T. ., Anjani, A. ., Fadhila, N. ., Aulia, S. ., Yuniawan, T. ., & Neina, Q. A. . (2023). PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI SASTRA INDONESIA DI SEMARANG MENGENAI PRODUKTIVITAS LITERASI SASTRA. Jurnal Basataka (JBT), 6(2), 369–375. https://doi.org/10.36277/basataka.v6i2.295