KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN ADMINISTRASI MODERN DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.476Keywords:
Kontribusi, Kepemimpinan, Administrasi Modern, Kualitas, PendidikanAbstract
Penelitian ini mengkaji tentang kontribusi kepemimpinan administrasi modern dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan sekolah yang baik dan kinerja sistem organisasi sekolah yang baik. Peneliti melakukan penelitian dengan metode studi kasus, teknik pengumpulan data dengan mengkaji buku, dan jurnal-jurnal terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan administrasi modern memiliki peran yang sangat penting dalam merumuskan visi dan strategi jangka panjang untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pengelolaan sumber daya, pelatihan dan pengembangan guru, penerapan teknologi pendidikan, pengukuran evaluasi kinerja, kolaborasi dengan pemangku kepentingan, inovasi dalam pembelajaran, peningkatan akses inklusivitas, dan pengembangan budaya sekolah yang positif.
References
Amri, H. (2016). Kepemimpinan Yang Efektif. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 3(1), 77–82.
Bormasa, M. F. (2019). Kepemimpinan Dan Efektivitas Kerja. Jurnal lingkar Widyaiswara, 5(2), 88-91.
Danial, R. D. M., & Komariah, K. (2017). Kepemimpinan yang Efektif dalam Meningkatkan Kinerja Usaha Kecil dan Menengah. Sosiohumanika, 10(2), 209–222.
Danim, Sudarwan. 2016. Kepemimpinan Pendidikan: Kepemimpinan Jenius (IQ + EQ), Etika, Perilaku, Perilaku Motivasional, dan Mitos. Bandung: Alfabeta.
Hermino, Agustinus. 2014, Kepemimpinan Kependidikan Di Era Globalisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indrawati, P., Prasetya, K. H., Ristivani, I., & Restiawanawati, N. M. (2022). Peran Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 3(3), 225-234.
Komariah, Aan dan Cepi Triatna, 2015. Visionary Leadership: Menuju Sekolah Efektif Jakarta: Bumi Aksara.
Lubis, R. S., Sinuhaji, R. D. S. B., & Manullang, E. R. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Pangeran Antasari Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 48-53.
Prasetyo, M. A. M. (2022). Pesantren Efektif: Studi Gaya Kepemimpinan Partisipatif. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–12.
Triyono, M. B., Mutohhar, F., Kholifah, N., Nurtanto, M., Subakti, H., & Prasetya, K. H. (2023). Examining The Mediating-Moderating Role Of Entrepreneurial Orientation And Digital Competence On Entrepreneurial Intention In Vocational Education. Journal of Technical Education and Training, 15(1), 116-127.
Yuniarti, S., Indriawati, P., Khotimah, H., Prasetya, K. H., Deden, D., Susilo, G., & Maulida, N. (2024, August). Navigating the Digital Wave: Enhancing Literacy and Numeracy in Students around the New Capital City, Nusantara, through Computer-Based National Assessment Impact. In 5th Borobudur International Symposium on Humanities and Social Science 2023 (pp. 101-108). Atlantis Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Budiman Budiman, Titi Radiyah, Muhammad Imron Caesar, Abdillah Fuad
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.