PERBANDINGAN GAYA KEPEMIMPINAN VISIONER DAN GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DALAM PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.483Keywords:
Kepemimpinan Visioner, Kepemimpinan Transformasional, Pendidikan, Perbandingan Kepemimpinan, Gaya Kepemimpinan, Motivasi, InovasiAbstract
Artikel ini membahas dan membandingkan dua gaya kepemimpinan dalam konteks pendidikan, yaitu kepemimpinan visioner dan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan visioner berfokus pada pengembangan dan implementasi visi jangka panjang yang jelas dengan memotivasi dan mengarahkan organisasi menuju tujuan ambisius.
Artikel ini membahas dan membandingkan dua gaya kepemimpinan dalam konteks pendidikan, yaitu kepemimpinan visioner dan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan visioner berfokus pada pengembangan dan implementasi visi jangka panjang yang jelas dengan memotivasi dan mengarahkan organisasi menuju tujuan ambisius. Pemimpin visioner dikenal karena kemampuannya dalam merumuskan visi yang inspiratif dan membangun komitmen di seluruh anggota organisasi. Sebaliknya, kepemimpinan transformasional menekankan pada perubahan positif melalui inspirasi dan motivasi, dengan fokus pada pengembangan individu dan penciptaan lingkungan yang mendukung inovasi. Pemimpin transformasional berperan sebagai panutan, mentor, dan motivator yang mendorong kreativitas dan keterlibatan anggota tim. Dalam membandingkan kedua gaya kepemimpinan ini, dibahas karakteristik, kompetensi, langkah-langkah, dan peran dari kedua gaya kepemimpinan, serta membandingkan kelebihan dan kekurangan masing-masing gaya dalam konteks pendidikan. Temuan menunjukkan bahwa meskipun kedua gaya memiliki pendekatan yang berbeda, keduanya penting dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang efektif dan inovatif. Kepemimpinan visioner membantu mempersiapkan institusi untuk tantangan masa depan, sedangkan kepemimpinan trans formasional memastikan perkembangan individu dan perubahan yang menyeluruh.
References
Danim, S., & Suparno. (2009). Manajemen Kepemimpinan Transformasional Ke Kepala Sekolahan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hotmarlina, E. (2022). Kepemimpinan Visioner. In Jurnal HITS (P. 2).
Istiqomah, I., & Djumiarti, T. (2023). Komitmen Pemimpin Dalam Mengembangkan Ruang Terbuka Hijau Di Kabupaten Kudus. Journal Of Public Policy And Management Review, 5(2), 1–15.
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2007). The Leadership Challenge: How To Make Extraordinary Things Happen In Organizations. San Francisco, CA: Jossey-Bass.
Mardizal, J., Handayani, E. S., Ghazali, A., Al Haddar, G., Anggriawan, F., & Arifudin, O. (2023). Model Kepemimpinan Transformational, Visioner Dan Authentic Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Era 4.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 2994–3003.
Nanus, B. (1992). Visionary Leadership: Creating A Compelling Sense Of Direction For Your Organization. San Francisco: Jossey-Bass.
Pasolong, Harbani. (2013). Kepemimpinan Birokrasi. Bandung: Alfabeta.
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1024–1033.
Senny, M. H., Wijayaningsih, L., & Kurniawan, M. (2018). Penerapan Gaya Kepemimpinan Trans Formasional Dalam Manajemen PAUD Di Kecamatan Sidorejo Salatiga. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(2), 197–209.
Sunyoto, Danang Dan Burhanudin. 2015. Teori Perilaku Keorganisasian Dilengkapi: Intervensi Pengembangan Organisasi. Cetakan Pertama. Yogyakarta: CAPS.
Wahyusumidjo. (1994). Kiat Kepemimpinan Dalam Teori Dan Praktek. Jakarta: PT. Harapan Masa PGRI.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Anita Dwi Basuki, Budiman Budiman, Novieta Christina Theodora, Abdillah Fuad, Yudo Dwiyono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.