PROGRAM PARENTING SEBAGAI IMPLEMENTASI PELAYANAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HASANIYYAH

Authors

  • Anita Dwi Basuki SMK NEGERI 4 PPU
  • Abdillah Fuad PKBM Generasi Mandiri Balikpapan
  • Azainil Azainil Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.477

Keywords:

Pelayanan, Manajemen Mutu Terpadu, Perkembangan Peserta Didik, Program Parenting, Pondok Pesantren

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi program parenting sebagai bagian dari pelayanan di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah. Program parenting ini dirancang untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengasuhan di pondok pesantren, dengan melibatkan orang tua secara aktif dalam proses pendidikan santri. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program parenting ini mampu meningkatkan kualitas hubungan antara orang tua, santri, dan pengasuh, serta memberikan dampak positif pada perkembangan akademik dan karakter santri. Implementasi manajemen mutu terpadu dalam program ini juga terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program parenting di Pondok Pesantren Anwarul Hasaniyyah dapat dijadikan model bagi lembaga pendidikan lainnya dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan melalui keterlibatan aktif orang tua.

References

Amini, M. (2015). "Profil Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia TK" JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 10(1).

Assingkily, M. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Panduan Menulis Artikel Ilmiah dan Tugas Akhir. Yogyakarta: K-Media.

Albab, U. (2021). Perencanaan Pendidikan dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam. Jurnal Pancar (Pendidik Anak cerdas dan Pintar), 5(1), 119-126.

Basyit, A. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan Islam. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 17(1), 187-210.

Hidayati, L. (2019). Upaya Peningkatan Keterlibatan Orang Tua Peserta Didik Pada Satuan PAUD Sejenis Melalui Program Parenting. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 104-115.

Lubis, R. S., Sinuhaji, R. D. S. B., & Manullang, E. R. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di SMK Pangeran Antasari Medan Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Basataka (JBT), 6(1), 48-53.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2014). Qualitative Data Analisis, A Methods Sourcebook (Edition 3). USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi, UI Press.

Prasetya, R. E. P. (2021). Model Program Parenting Pada Masa Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Manajemen Strategis (Studi Multisitus SD Islam Terpadu Al Ghazali Palangka Raya & Sd Islam Terpadu Sahabat Alam Palangka Raya) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Malang).

White, E. G. (2005). Membina Pendidikan Sejati. Bandung: Indonesia Publishing House.

Zuhairini, Z, et.al. (2012). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Bina Aksara.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Basuki, A. D. ., Fuad, A., & Azainil, A. (2024). PROGRAM PARENTING SEBAGAI IMPLEMENTASI PELAYANAN DALAM PERSPEKTIF MANAJEMEN MUTU TERPADU DI PONDOK PESANTREN ANWARUL HASANIYYAH. Jurnal Basataka (JBT), 7(2), 861–866. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i2.477

Most read articles by the same author(s)